Sabtu, 16 Agustus 2014

Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim

Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
UniverScience-  Sejenak mari kita gunakan fikiran kita untuk menelaah tentang keajaiban alam, kita sering dibuat kagum oleh kondisi kehidupan alam yang kadang menjalani kehidupannya dengan cara yang menakjubkan bahkan bisa dikatakan menentang hukum alam. Mereka tumbuh beradaptasi dengan lingkungannya yang ekstrim yang akhirnya tempat yang menentang kaidah alam itu menjadi surga juga buatnya.

Ada beberapa contoh dari kehidupan mereka dalam artikel dibawah ini, seperti dikutip dari situs Online milik Adnan Oktar, salah seorang penentang teori Evolusi Charles Darwin.

Alam ini telah diciptakan dengan sistem yang sangat sempurna, termasuk didalamnya kebutuhan air untuk tanaman. Kita semua tahu bahwa umumnya tanaman menyerap air dari tanah melalui akar-akarnya dan mendistribusikannya ke batang, daun, dan buah melalui tabung xilemnya. Namun, bagaimana jika tanaman tersebut berada di dataran tinggi yang tidak ada sumber air di dalamnya. Saat musim penghujan tanaman tersebut dapat mempergunakan air hujan untuk kebutuhannya, namun ketika musim kemarau datang bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan air?  Sesuatu yang menakjubkan terjadi pada tanaman-tanaman itu dalam memenuhi kebutuhan air, ternyata mereka mengambil air dari kabut yang sering muncul diatas ketinggian di tempat tumbuhnya.

Hutan hujan pada dataran rendah mendapatkan kebutuhan air mereka dari curah hujan harian. Namun, pohon-pohon yang hidup di iklim tropis, dipuncak gunung yang disebut sebagai hutan kabut, mereka menggunakan uap air di udara, atau dengan kata lain mereka menggunakan awan, untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Ini adalah contoh lain dari sebuah sistem kehidupan yang diciptakan dengan sempurna dari seni luhur Sang Pencipta.

Salah satu contoh yang paling indah dari hutan awan adalah yang terdapat pegunungan Kosta Rika. Di hutan ini, biasanya berkabut dan lembab, namun demikian tanah disekitarnya kering kerontang. Oleh karena itu, pohon-pohon tidak bisa mendapatkan air yang cukup dari dalam tanah. Namun, daun yang menjulang tinggi di awan, yang selalu basah, dengan mudah dedaunan mendapatkan air yang mereka butuhkan dari awan. Hal ini karena daun "didesain" dengan cara khusus sehingga mereka dapat dengan mudah menyerap kelembaban  udara kemudian dibawa ke cabang dan berbagai tempat didalam jaringan pohon.  


Sangat menakjubkan..!! Sistem khusus ini Dirancang untuk membantu banyak makhluk hidup lain yang ada disekitarnya untuk bertahan hidup juga. Di hutan Kosta Rika, pada ketinggian 600-1800 meter, ada lebih dari 100 pesies mamalia, 400 spesies burung, 120 spesies reptil dan amfibi, dan ribuan spesies serangga. Sebuah keteraturan kehidupan yang mengagumkan, yang sudah pasti ada sebuah sistem yang mengaturnya, sebuah tekhnologi alam yang sangat jauh dari jangkauan akal fikiran manusia. Pembuat keteraturan tersebut tentu bukan manusia, untuk melakukan semua itu dibutuhkan kecerdasan yang sangat luar biasa agar semuanya berjalan dengan sempurna, agar segala sesuatu yang hidup di hutan Kosta Rika mendapatkan bagiannya masing-masing.

 Berikut ini adalah contoh-contoh tanaman yang mampu hidup dalam kerasnya hidup pada ketinggian yang kering dan dingin

1. Yareta
Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Yareta
Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Rumpun Yareta dan bunga Yareta

Yareta adalah tanaman asli Amerika Selatan, terdapat di padang rumput Puna Andes di Peru, Bolivia, Chile utara dan bagian barat  Argentina pada ketinggian antara 3.200 dan 4.500 DPL. Proses penyerbukan bunga ini dilakukan oleh serangga. Yang lebih mengagumkan mereka dapat hidup dalam waktu yang sangat lama ditengah lingkungan yang ekstrim, bahkan ada beberapa spesimen yang berusia hingga sekitar 3.000 tahun. Secara fisik tumbuhan ini nampak seperti algea, tapi ketika dilihat lebih dekat, kita dapat melihat ribuan kuncup bunga kecil yaang bergerombol dan menyerupai sebuah bantal besar.Tumbuhan ini juga dikenal sebagai 'Andes bantal' dengan bunga warna merah muda dan ungu.

2. Banana Pink


Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Banana Pink
Spesies pisang ini tumbuh di Utara dan Timur India, ketinggiannya bisa mencapai ketinggian 120 sentimeter, dengan warna yang indah. Bunga berwarna  merah muda menyerupai bunga jeruk, batang merah muda, buahnya berwarna merah muda jugaSatu hal yang sangat menakjubkan tentang tanaman ini adalah daya tahan yang luar biasa dalam suhu dingin yang sangat ekstrim. Bahkan jika batangnya mengering karena cuaca dingin yang berlebihan, akarnya dapat menahan dingin hingga -10 derajat celcius. Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna hingga ke detail terkecil sekalipun.

3. Bitkiler

Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Bitkiler sedang memangsa lalat
Ada beberapa tanaman yang berhasil bertahan hidup dalam kondisi alam yang sangat keras, di mana manusia tidak akan pernah mampu melakukan hal yang sama tanpa alat-alat khusus. Tanaman ini tidak hanya bertahan, mereka juga memiliki langkah-langkah yang luar biasa untuk membela diri yang cukup membuat takjub para ilmuwan dan peneliti. Tanaman ajaib ini bisa bertahan meskipun kurangnya kehangatan, air dan mineral. Luar biasa, tanaman ini memangsa lalat yang masuk kdalam perangkap yang didesain sangat cerdas oleh Sang Maha Kuasa.

Tanaman yang toleran terhadap kekeringan
 
Banyak tanaman yang tumbuh  di daerah kering dapat menyimpan air. Setiap tanaman memiliki teknik yang berbeda dan tempat untuk menyimpan air di dalam tubuhnya. Tanaman ini diciptakan sedemikian rupa sehingga mereka dapat dengan mudah mentolerir kekurangan air. Misalnya, Pygmy cedar (peucephyllum) dan semak caper, yang dapat tetap hijau bahkan dalam kondisi terkering sekalipun  setelah mendapat kelembaban yang cukup pada malam hari.
Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Pigmy Cedar
  Banyak pohon-pohon dan semak-semak tersebut memiliki daun khusus yang dapat menahan kekeringan. Sebagai contoh, beberapa dari mereka memiliki bentuk daun jarum atau Bouqet dengan bentuk daun yang kecil. Hal ini membuat mereka memiliki  permukaan daun yang sempit yang berfungsi untuk mengurangi penguapan akibat sinar matahari. Tanaman ini juga memiliki pori-pori hanya satu pada bagian atas. Pori-pori yang sedikit akan meminimalkan penguapan ketika tertiup angin. Beberapa daun memiliki pori-pori pada kedua sisinya; terutama bila berkabut pori-pori ini akan menangkap uap air dari udara.
 

Beberapa tanaman seperti Manzanita, diciptakan berdiri tegak. Dengan sarana penciptaan khusus ini, permukaan yang terpapar sinar matahari menjadi sedikit dengan demikian akan menyebabkan kehilangan air dapat terminimalisir.
Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Manzanita
Paloverde, sebuah spesies tanaman yang tidak memiliki daun, tanaman ini melakukan fotosintesis dengan menggunakan batangnya.. Hidup dengan memiliki banyak daun di gurun berarti akan menyebabkan  penguapan air berlebih. Oleh karena itu tanaman yang tubuh di padang pasir mempunyai fitur-fitur khusus yang akan membuat mereka tahan terhadap kondisi gurun yang keras. Semua tanaman gurun memiliki cara yang khusus untuk melindungi diri mereka dari suhu tinggi. Semuanya bukan kehendak tanaman itu sendiri, mereka bukanlah makhluk berakal yang mampu mengatasi kondisi ekstrim dilingkungannya dengan inisiatif mereka sendiri. Semuanya berjalan sesuai dengan kehendak Yang Maha Cerdas Dialah Allah 
Tanaman-Tanaman Menakjubkan Yang Bertahan Di Lingkungan Ekstrim
Canary
Tanaman kenari (Senecio vulgaris) hidup di ketinggian Pegunungan Kenya di Equador erupakan tanaman mencolok dengan bunga-bunga flamboyan. Di wilayah ini, di mana biasanya terdapat lapisan tipis es di tanah pada malam hari, lereng bukit sering terlihat ditutupi dengan tanaman ini.

Daun dari tanaman ini memiliki zat khusus yang mampu mencegah jaringan yang terluka yang disebabkan oleh es, berkat zat pelindung ini, lapisan tipis es akan meleleh di bawah sinar matahari dan kemudian daun akan kembali pada bentuk semula.

 Dengan sinar matahari embun beku yang meliputi tanaman mulai mencair dan air mulai menguap melalui pori-pori. Namun, tanaman kenari harus memompa air kembali ke pori-pori yang telah menjadi  kosong untuk mencegah daun menjadi kering. Ada bahaya lain yang mengancam dengan cuaca semakin dingin, saluran air mulai perlahan-lahan membeku. Namun, lingkaran terendah daun sekitar batang bunga kenari mulai mengering selama periode tertentu dalam setahun. Namun, tidak seperti tanaman lain, daun kering tidak jatuh, sebaliknya, mereka bertahan. Dengan demikian, daun kering ini akan bertindak seperti perisai tebal terhadap tanaman yang menjaganya dari cuaca dingin. Dengan mekanisme luar biasa ini ini, tanaman kenari dapat  mencegah saluran dalam tubuhnya dari pembekuan sehingga berhasil mengirim air ke seluruhbatang  tanaman.

Tidak mungkin  tanah tempat tumbuhan ini hidup membuat itu semua, seperti ukuran pelindung, dan mekanisme yang luar biasa kemudian memasukkan data yang relevan dalam gen tanaman sehingga keturunannya dapat memiliki sifat yang sama dengan induknya, akal kita tentu akan dapat menjawabnya dengan logika yang kita miliki. Semuanya tidak terjadi dengan sendirinya, harus ada Sebuah pencipta yang mampu membuat itu semua berjalan dengan sempurna.


 Semua contoh ini menunjukkan bahwa ada suatu Dzat Sang Penguasa  dunia, yang memberikan tanaman informasi yang mereka butuhkan, yang membentuk mereka, dan memberi mereka sifat-sifat yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup meskipun dalam kondisi yang sangat sulit. Kebenaran ini dijelaskan dalam sebuah ayat Al-Qur'an sebagai berikut:

"Dialah Tuhan, tidak ada Tuhan selain Dia. Dia meliputi segala sesuatu dalam pengetahuan-Nya. "(QS Thaha: 98)

Anda harus mengatakan "Subhanallah" untuk semua kehebatan ini. (RR/tr/14)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar