Selasa, 12 Agustus 2014

10 Pemicu Terjadinya Serangan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai


InaScience- Saat ini penyakit pembunuh nomor 1 dunia masih diduduki oleh penyakit jantung. Menurut data dari WHO, gangguan jantung telah merenggut nyawa warga dengan pendapatan menengah kebawah hingga 80 persen dari total penyebab kematian di seluruh dunia. Kemudian para Dokter melakukan penelitian tentang penyebab gangguan jantung ternyata lebih banyak disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah yan terjadi pada pembuluh darah arteri seseorang.

Seorang ahli jantung asal India Dr. Sharukh Golwala dari Rumah Sakit Breach Candy ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi, meskipun secara spesifik penyebab tekanan darah tinggi belum dikethaui. Tekanan darah tinggi berpotensi memicu gangguan jantung dan penyumbatan pembuluh darah atau lebih parahnya lagi dapat memicu pecahnya pembuluh darah atau yang sering disebut sebagai stroke. Menurutnya ada 10 hal yang dapat memicu terjadinya tekanan darah dan dibagi menjadi dua penyebab yaitu penyebab external dan penyebab internal.

 Penyebab External
Yaitu tekanan darah yang disebabkan oleh pengaruh yang datang dari luar tubuh, seperti misalnya pengaruh minum obat-obat tertentu atau mengkonsumsi makanan yang dapat memicu tekanan darah, antara lain:

1. Sensitif terhadap garam.
Garam dapat menjadi pemicu terjadinya tekanan darah tinggi jika darah seseorang sensitif terhadap garam, pada kasus orang yang mempunyai sensitifitas tinggi terhadap garam, sering mengkonsumsi garam dalam jumlah yang  sedikit saja dapat memicu tekanan darah secara drastis.

Jika anda termasuk orang yang mempunyai sensitifitas tinggi terhadap garam, sangat dianjurkan untuk benar-benar memperhatikan asupan garam yang masuk ke dalam tubuh anda. Makanan Fast Food kadang mengandung Natrium yang tinggi, oleh karenanya ketika hendak mengkonsumsinya baca baik-baik komposisi Natrium yang digunakan untuk membuat Fast Food tersebut.

2. Alkohol
Sudah menjadi rahasia umum bahwa alkohol dapat memicu tekanan darah, berapapun jumlahnya alkohol yang masuk kedalam tubuh tanpa alasan medis akan mempunyai dampak buruk bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Terkait dengan tekanan darah dapat diindikasikan, jika anda meminum minuman beralkohol beberapa teguk saja sudah mabuk itu artinya, anda harus berhati-hati dengan tekanan darah anda.

3. Mengkonsumsi obat kontrasepsi.
Mengkonsumsi pil pengonntrol kehamilan atau yang sering dikenal sebagai pil KB (kontrasepsi oral) akan menyebabkan resiko tekanan darah tinggi. Jangan mudah terpancing untuk mengkonsumsinya, sebelum anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena bisa jadi pil KB yang anda konsumsi akan menimbulkan masalah baru bagi anda, yaitu dengan resiko meningkatnya tekanan darah.

4. Mengkonsumsi secara terus menerus
Obat yang digunakan untuk meringankan atau menyembuhkan flu dan alergi yang dikonsumsi secara terus menerus tanpa ada rekomendasi dari Dokter dapat juga menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Langkah terbaiknya adalah konsultasikan pada dokter dulu sebelum anda mengkonsumsinya, konsultasikan tentang riwayat kesehatan anda kepada dokter. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari efek samping yang lebih berbahaya bagi anda.

Penyebab Internal
Kondisi fisik yang merupakan bawaan atau yang muncul kemudian seiring dengan pertumbuhan badan juga merupakan faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Biasanya penyebab ini membutuhkan penanganan yang lebih intensif daripada penyebab yang datang dari luar tubuh (External). Apa saja penyebab internal tekanan darah tinggi..?

1. Jenis Kelamin
Laki-laki mempunyai resiko lebih tinggi untuk terserang tekanan darah tinggi di bandingkan dengan perempuan, namun bukan berarti perempuan tidak mempunyai resiko untuk terjangkit tekanan darah tinggi, hanya prosentase kemungkinan terserang  bagi laki-laki lebih besar daripada perempuan. Keduanya harus tetap menjaga pola hidup sehat untuk menghindari terjadinya tekanan serangan darah tinggi.

2. Obesitas (Kelebihan Berat Badan)
Berat badan yang berlebihan juga menjadi penyebab lain terjadinya serangan tekanan darah tinggi pada seseorang, akan tetapi masing-masing orang yang mengalami masalah obesitas mempunyai resiko yang berbeda-beda. Orang yang mempunyai lemak berlebih di sekitar perut, pinggul, dan paha juga berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Jadi, upayakan agar berat badan anda berada dalam kondisi normal agar tetap sehat dan menarik. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas, bagi yang sudah terlanjur memiliki berat badan yang tidak normal lakukanlah diet sehat untuk menghindari terjadinya tekanan darah tinggi.

3. Keturunan
Bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi, Anda harus segera memulai menjalankan pola hidup sehat. Hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi, karena kemungkinan untuk terserang darah tinggi bagi yang mempunyai riwayat keturunan akan lebih mudah,  dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mempunyai riwayat darah tinggi, yang terjadi pada orang tuanya atau pada urutan keluarga yang lebih tinggi seperti pada nenek atau kakeknya. Tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor keturunan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan meski pada usia dini.

4.Usia
Usia seseorang juga merupakan penyebab terjadinya darah tinggi, orang yang mempunyai usia lebih tua mempunyai resiko lebih tinggi dibandingkan yang muda. Penyebabnya adalah seiring dengan bertambahnya usia pengerasan pembuluh darah akan terus terjadi, juga penumpukan sampah didalam pembuluh darah orang tua akan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berusia muda. Penumpukan sampah di dalam pembuluh darah akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar bahkan kadang juga menyumbatnya yang menyebabkan terjadinya stroke. Waspadalah, bagi anda yang sudah berusia 40 tahun keatas agar memperhatikan pola hidup anda, untuk menghindari terjadinya tekanan darah tinggi.

5. Kurang aktifitas.
Aktifitas apapun akan membuat peredaran darah menjadi lancar, aktifitas peredaran darah yang lancar akan membuat kerak-kerak yang menempel pada pembuluh darah menjadi bersih dan akan menyebabkan pembuluh darah menjadi elastis. Oleh karenanya bagi anda yang lebih banyak menghabiskan waktu didepan komputer, sisihkan waktu untuk melakukan olah raga

Hindarilah bermalas-malasan, karena disamping akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar yang akan berujung pada tekanan darah inggi, juga akan menyebabkan pinggang anda menjadi lebar dan mengurangi produktifitas anda.

6. Stress
Tekanan hidup, pekerjaan yang menumpuk juga masalah-masalah lain akan menyebabkan seseorang menjadi stress yang pada akhirnya akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Untuk masalah yang satu ini solusinya adalah dari diri yang bersangkutan. Terapi spiritual seperti menyerahkan segala permasalahan kepada Yang Maha Kuasa akan mengurangi resiko terserang tekanan darah tinggi. Jalani hidup dengan santai, jangan terlalu banyak keinginan tanpa mengukur kemampuan, hindarkan perasaan iri dan dengki akan baik bagi anda untuk menghindari stress.

Demiianlah beberapa hal yang dapat menyebabkan serangan tekanan darah tinggi, semoga bermanfaat bagi anda untuk menggapai hidup yang lebih baik dan lebih sehat. (RR/rw/130814)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar