Sabtu, 16 Agustus 2014

Arkeolog Menemukan Dua Kota Suku Maya Yang Hilang Di Hutan Meksiko

Arkeolog Menemukan Dua Kota Suku Maya Yang Hilang Di Hutan Meksiko
UniverScience- Dalam sebuah penemuan baru yang menakjubkan di hutan Meksiko, arkeolog telah menemukan dua kota Maya kuno, termasuk  piramida yang sudah rusak, istana, pintu gerbang rakasa, lapangan bola, altar, dan monumen batu lainnya, menurut sebuah berita yang rilis oleh Discovery News. Salah satu kota telah ditemukan beberapa dekade yang lalu tetapi semua upaya untuk merelokasinya telah menemui kegagalan. Kota lain yang ditemukan sebelumnya tidak diketahui dan merupakan penemuan baru, telah menjadi harapan baru untuk penelitian lebih lanjut tentang peradaban Maya kuno.

Pemimpin ekspedisi Ivan Sprajc, dari Pusat Penelitian Slovenia Academy of Sciences dan Seni (ZRC SAZU), menjelaskan bahwa temuan itu dibantu oleh foto udara dari hutan tropis Yucatan di negara bagian Campeche, Meksiko. Beberapa anomali yang terlihat diantara vegetasi hutan yang tebal sehingga harus dikirimkan tim  untuk penyelidikan lebih lanjut.

Arkeolog  menemukan sebuah kota yang luas dengan perkiraan luas 1.800 mil persegi, antara Rio Bec dan Chenes daerah, yang ditandai dengan arsitektur klasik yang dibuat sekitar tahun 600 sampai 1.000 Masehi.

Meskipun kota tua ini awalnya ditemukan oleh arkeolog Amerika Eric Von EUW pada 1970-an, yang menghasilkan beberapa catatan dan gambar tentang reruntuhan bangunan suku Maya kuno itu telah hilang dan upaya untuk merelokasi kota Maya Kuno, yang ia beri nama Lagunita, tbelum berhasil sampai sekarang.

Salah satu bangunan yang paling mengesankan dari kota Maya Kuno ini adalah mempunyai pintu gerbang raksasa yang ada didepannya, yang merupakan dewa kesuburan bagi suku Maya. "Pintu ini melambangkan pintu masuk ke dalam gua dan secara umum, untuk dunia bawah yang berair, sebuah tempat asal mitologi jagung dan tempat tinggal nenek moyang," kata Sprajc Discovery News.

Di luar pintu masuk tersebut, Sprajc dan timnya menemukan sebuah kuil piramida besar dengan tinggi 65 kaki (20 meter), serta reruntuhan kompleks istana yang ditata di sekitar empat lokas yang besar. Tidak jauh dari tempat tersebut, mereka menemukan banyak patung-patung batu, prasasti dan beberapa altar, semua diukir dengan relief terawat baik.
Arkeolog Menemukan Dua Kota Suku Maya Yang Hilang Di Hutan Meksiko
Sisa-sisa piramida kuil di kota Maya kuno Lagunita. Kredit: Ivan Sprajc / Discovery News
  Salah satu prasasti telah dianalisis oleh pakar epigrafi Octavio Esparza Olguin dari National Autonomous University of Mexico, yang mengungkapkan bahwa hieroglif mencatat tanggal 29 November, 711 Masehi  dan merujuk pada "penguasa 4 k'atuns" (k 'atun adalah periode 20-tahun). Namun, sayangnya bagian teks yang menyebut nama penguasa tidak cukup jelas untuk dibaca.
Arkeolog Menemukan Dua Kota Suku Maya Yang Hilang Di Hutan Meksiko
Hieroglif prasasti - Maya
Prasasti hieroglif tanggal untuk 29 November, 711 AD. Kredit: Ivan Sprajc / Discovery News
Yang lebih menakjubkan dari penemuan kembali Lagunita, adalah fakta bahwa Sprajc dan timnya juga  menemukan satu set reruntuhan kuno di dekatnya, yang sebelumnya tidak diketahui, termasuk sebuah kuil piramida, altar, dan acropolis besar dikelilingi oleh tiga buah candi. Bangunan ini menyerupai kota Maya yang lain, yang mereka telah mereka sebut sebagai Tamchen ('sumur'), setelah menemukan lebih dari tiga puluh chultans, ruang bawah tanah yang digunakan untuk menampung air hujan.

Meskipun tampak bahwa dua kota ada pada waktu yang sama untuk setidaknya beberapa dari keberadaan mereka, ada bukti bahwa Tamchen mungkin telah dibuat sebelum Laguinita, dengan beberapa struktur terkait dengan periode Pra-Klasik Akhir (300 SM - 250 M) .
Arkeolog Menemukan Dua Kota Suku Maya Yang Hilang Di Hutan Meksiko
Struktur batu dari kota yang sebelumnya tidak diketahui, yang diberi nama 'Tamchen. Kredit: Ivan Sprajc / Discovery News
Sprajc menjelaskan bahwa kedua kota "membuka pertanyaan baru tentang keragaman budaya Maya, peran sebagian besar
daerah belum diselidiki di bagian dataran rendah Maya, dan hubungan dengan yang lainnya." (RR/tr/14)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar