Jumat, 08 Agustus 2014

Dukun Di Polandia 9000 Tahun Yang Lalu Menggunakan Meteorit Sebagai Jimat


InaScience- Jika anda ingin menjadi dukun yang mempunyai banyak pengikut dan dipercayai banyak orang maka buatlah benda bertuah yang datang dari dunia lain. Ungkapan tersebut agaknya bisa jadi benar, karena dunia perdukunan memang sangat identik dengan hal-hal yan berbau dunia lain. Itulah sebabnya seorang dukun yang hidup pada 9.000 tahun yang lalu di wilayah yang sekarang Polandia membuat alat perdukunan mereka  dari sisa-sisa meteorit yang mungkin dilihatnya jatuh dari langit.

Para arkeolog dari Institut Arkeologi dan Etnologi di Szczecin menemukan fragmen meteorit saat menggali sebuah pondok di Bolkow tepatnya di danau  ƚwidwie di sebelah barat Pomerania. Benda tersebut berbentuk batu silinder sebanyak 8 buah dengan diameter 5,3 dan 3,5 sentimeter, ditempat tersebut juga ditemukan koleksi benda-benda yang dimiliki sang dukun akan berupa jimat, mata tombak yang terbuat dari  tulang dengan ukiran dan tongkat yang terbuat dari tanduk yang diukir dengan pola geometris.


  Sebuah gambar yang ditemukan pada abad ke-17 oleh penjelajah Belanda bernama Nicolaes Witsen yang diperoleh dari seorang dukun di Siberia, menunjukkan benda-benda yang mirip dengan yang ditemukan di Polandia.
Tadeusz Galinski Institut mengatakan penyimpanan meteorit di pondok menunjukkan bahwa benda tersebut memiliki makna khusus bagi manusia dari periode Mesolithic. Mungkin mereka melihat benda langit jatuh dan menimbulkan kawah panas, sehingga mereka merasa benda yang jatuh dari langit tersebut mempunyai daya mgic. Selain itu, meteorit mempunyai masa yang lebih berat daripada batu dengan ukuran yang sama, sehingga lebih misterius bagi mereka

Tim peneliti dari Institute of Archaeology and Ethnology di Bolkow selama beberapa tahun menemukan berbagai macam benda bersejarah dari tempat yang sama, namun baru kali ini mereka menemukan sebuah benda yang digunakan oleh dukun yang terbuat dari meteorit. Menurut laporan dari PAP Science and Scholarship di Polandia. Jimat ditemukan dalam lapisan tanah gambut pada pondok kedua beserta bekas perapian, ditempat tersebut juga ditemukan busur pada jaman Mesolithic yang hampir utuh


 Menurut Tadeusz Galinski, ini adalah bukti pertama bahwa budaya primitif menyembah meteorit, mungkin mereka beranggapan bahwa meteorit adalah benda yang penuh misteri menurut alam fikiran mereka yang masih primitif (RR/tr/080914)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar