Minggu, 03 Agustus 2014

Bangkai Kapal Kuno Ditemukan Di Tempat Akan Dibangunnya Kembali WTC


Pada bulan Juli 2010, di tengah upaya pembangunan kembali gedung raksasa di lokasi World Trade Center di Lower Manhattan, pekerja konstruksi menghentikan backhoe ketika mereka menemukan sesuatu yang tidak terduga di sebelah selatan di mana Menara Kembar pernah berdiri.

Peninggalan tersebut ditemukan pada kedalaman 22 kaki (6,7 meter) di bawah jalan yang digunakan selama ini, di dalam sebuah lubang yang  akan dijadikan sebagai kantor scurity dan area parkir kompleks bawah tanah, excavator menemukan kerangka kapal kayu yang telah hancur sudah lama terlupakan.
 

Sebuah laporan bahwa mereka juga menemukan batang kayu kerangka kapal yang terendam oleh air dan  menunjukkan bahwa kapal itu kemungkinan dibangun pada tahun 1773, atau sesaat setelah galangan kapal kecil dekat Philadelphia dibangun. Selain daripada itu, kapal kuno itu mungkin dibuat dari jenis kayu yang sama yaitu  kayu ek putih yang juga digunakan untuk membangun bagian-bagian dari Independence Hall, di mana Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi AS ditandatangani, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan ini dalam jurnal  Tree-Ring Research.. [Lihat Foto Kapal dan Pohon Rings Its]

 Para  Arkeolog telah ikut serta dalam penggalian bakal bangunan World Trade Center. Mereka  menemukan bekas-bekas tulang hewan, piring keramik, botol dan puluhan sepatu kuno, mereka juga menemukan bekas lambung kapal secara terpisah dengan panjang 32-kaki (9,75 m) di tempat tersebut.
Lambung kapal kuno tersebut apal langsung digali, untuk mencegah kerusakan dari paparan udara. Sepotong demi sepotong, fragmen kayu ek halus didokumentasikan dan dibawa keluar dari lumpur busuk berbau. Kemudian kayu-kayu dikirim ke Laboratorium Konservasi Arkeologi  Maryland, di mana mereka akan direndam dalam air untuk menjaga kayu dari retak dan kerusakan.

Beberapa potongan kayu dikirim kembali ke New York, sekitar 20 mil (32 kilometer) utara World Trade Center,  the Tree Ring Laboratory at Columbia University's Lamont-Doherty Earth Observatory in Palisades, New York. Para peneliti di laboratorium  memotong irisan kayu tebal untuk mendapatkan tampilan yang jelas pada lingkaran pohon.

 Tim menyimpulkan bahwa pohon-pohon yang digunakan untuk membuat kapal  beberapa di antaranya berumur sampai lebih dari 100 tahun - sebagian besar ditebang sekitar 1773. Kemudian, untuk menentukan di mana kayu itu berasal, para peneliti harus mencari kecocokan antara pola dering di kayu dan pola dering di pohon hidup dan sampel arkeologi dari wilayah yang diperkirakan sebagai asal kayu-kayu tersebut.


                        Kerangka kapal yang ditemukan di tempat yang akan dibangun WTC di atasnya.


Lubang-lubang di kayu menunjukkan kapal itu penuh dengan shipworms Karibia di beberapa titik dalam hidup yang tidak terlalu lama. Sekoci itu mungkin hanya digunakan selama 20 atau 30 tahun sebelum ditenggelamkan dengan sengaja, atau mungkin sengaja dibuang ke dalam tempat pembuangan sampah untuk memperluas garis pantai Manhattan

 Bulan Juli 2010, excavator menemukan kapal kayu terkubur di bawah situs World Trade Center di bawah kota Manhattan.

 PekerjaanKonstruksi dihentikan sehingga arkeolog dapat mengangkat dan mendokumentasikan kayu yang terendam di dalam air.

 Sisa-sisa kapal, yang sementara diidentifikasi sebagai Hudson River Sloop, membentang 32 kaki (9,75 meter). Foto ini menunjukkan lambung tampak seperti tiga hari setelah ditemukan.

 Garis lingkar kayu ek kapal World Trade Center cocok dengan pola kayu di Philadelphia Independence Hall, di mana Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi Amerika Serikat ditandatangani. Hal ini menunjukkan kayu yang digunakan dalam kedua struktur berasal dari tempat yang sama: a, hutan tua lebat di dekat Philadelphia.

Bingkai kapal terbuat dari pohon oak putih. garis-garis kayu menunjukkan iklim di mana pohon-pohon itu hidup. Periode musim hujan menghasilkan garis kayu tebal, sementara musim kering menghasilkan garis kayu tipis. Peneliti sepakat pola ini mirip dengan pohon yang hidup dan sampel arkeologi dari pohon ek putih di wilayah Philadelphia.

 Untuk mengetahui usia kapal dan asalnya, peneliti menyelidiki lingkaran pohon di Columbia University menyimpulkan keel kapal atau tulang belakang, terbuat dari ayu hickory, yang mengatakan kepada mereka kapal itu kemungkinan dibangun di timur laut Amerika Serikat. (Hickory telah punah di Eropa dan di tempat lain, pohon ini hanya ditemukan di Asia Timur.)
(RR/tr/030814)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar