Selasa, 19 Agustus 2014

Tanaman Herbal Yang Terbukti Dapat Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah atau terdapatnya kerak yang menempel pada pembuluh darah, sehingga mempersempit ruang bagi aliran darah pada tubuh. Kondisi ini kemudian menyebabkan kinerja jantung menjadi meningkat karena tetap harus memompa darah sesuai dengan kebutuhan tubuh namun peredaran terhambat oleh kerak yang menempel pada pembuluh darah arteri. Kondisi seperti itulah yang menebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Idealnya penyembuhan tekanan darah tinggi adalah membersihkan kerak-kerak yang menempel di dalam pembuluh darah sehingga peredaran tidak terganggu dan menjadi normal, sehingga jantung tidak mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalankan tugasnya.

Penggunaan obat kimia memmang dapat menurunkan tekanan darah, namun penggunaan obat penurun tekanan darah yang dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan efek samping yang mungkin akan lebih membahayakan daripada penyakit darah tinggi itu sendiri.

Ilmu kesehatan modern terus melakukan penelitian untuk menemukan obat alternatif yang berbahan dasar bahan alami, untuk menekan efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan obat kimia untuk menurunkan tekanan darah. Hasilnya cukup memuaskan, dengan ditemukannya berbagai macam tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Saat ini kita dapat memperoleh obat herbal untuk tekanan darah tinggi secara instan dalam bentuk kapsul ataupun tablet. Sebenarnya bahan-bahan tersebut ada di sekitar kita dan mungkinkita tidak perlu membelinya karena kadang tanaman tersebut tumbuh liar dihalaman rumah atau dikebun kita. Berikut ini beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi keluhan darah tinggi.

Bawang Putih
Tanaman ini sudah sangat kita kenal dan sering kita temukan di dalam bumbu dapur kita. Bawang putih mempunyai khasiat untuk menghancurkan gumpalan darah, melancarkan peredaran darah dan dapat digunakan sebagai obat kolesterol tinggi. Cara penggunaannya cukup dengan mengkonsumsi satu siung bawang putih yang telah dibersihkan minimal satu kali satu hari. Memang baunya agak menyengat dan terasa getir jika dikonsumsi, untuk mengurangi rasa getir anda dapat menggunakannya bersamaan pada saat anda makan nasi.
Beberapa informasi menyebutkan bahwa "bawang putih  lanang" mempunyai efektifitas lebih bagus dibandingkan dengan bawang putih biasa, bawang putih lanang adalah bawang putih yang hanya terdiri diri dari satu siung sejak awal pertama pertumbuhannya, lihat gambar di bawah ini.

Bawang Lanang
Buah Mengkudu.
Tanaman ajaib ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Disamping dapat menurunkan darah tinggi mengkudu juga dapat digunakan sebagai penurun kadar gula darah juga dapat menurunkan kolesterol tinggi. 
Secara keseluruhan mengkudu merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Buah yang banyak tumbuh di Asia ini juga mengandung senyawa penting untuk kesehatan antara lain : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.

Itulah manfaat dari buah mengkudu yang sangat besar bagi kesehatan, beberapa keluhan lain juga dapat diatasi dengan buah ini, dan akan dibahas pada artikel yang secara khusus akan membahas tentangnya pada artikel yang akan datang.

Rumput Laut
Indonesia adalah Negara dengan kekayaan hayati yang sangat luar biasa baik di darat maupun di laut, disamping tanaman darat yang dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi anda juga dapat menggunakan rumput laut sebagai obat penurun darah tinggi. Ada banyak jenis rumput laut yang dapat digunakan diantaranya rumput laut Eucheuma Cottonii dan Laminaria Japonica. Untuk jenis Laminaria Japonica di Indonesia masih jarang dibudidayakan, namun anda dapat menggunakan rumput laut Eucheuma Cottonii sebuah spesies rumput laut yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Untuk jenis Eucheuma Cottonii sudah ada beberapa yang menjualnya secara online dengan nama Pure Marine Collagen. Cara penggunaannya adalah dengan mengkonsumsinya setelah dibuat jel, yang biasanya jika anda membeli secara online sudah disertakan petunjuk pembuatan dan cara mengkonsumsinya.

Disamping bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi rumput laut juga dapat digunakan sebagai masker wajah, menurunkan kolesterol, sebagai antioksidan dan lain sebagainya.

Daun Salam
Tanaman dengan aroma harum dan sering digunakan sebagai pengharum masakan ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun salam mempunyai kandungan Vitaman A, B-6, B-9 dan juga vitamin C. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli daun salam mempunyai kandungan minyak atsiri, Flavanoid, dan tanin yang berkhasiat secara hypoglikemik yang dapat berfungsi sebagai pengendali sel gula darah di dalam tubuh, sehingga cukup efektif untuk menurunkan kadar gula. Disamping dapat menurunkan kandungan gula darah daun salam juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara penggunaannyapun cukup mudah, ambil 10-15 gram daun salam kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air, dimkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Diamkan beberapa saat hingga hangat-hangat kuku setelah itu diminum. Lakukan setiap hari dan anda dapat melihat hasilnya dengan melakukan pengecekan tekanan darah ke dokter anda.

Itulah beberapa tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi, mudah didapatkan dan juga mudah cara penggunaannya. Tuhan memang telah memberikan semua yang terbaik untuk untuk hambaNya, hanya kadang kita lupa bersyukur karena sangat biasa Tuhan memberikan kenikmatanNya untuk kita (RR/ow/14)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar