Kamis, 21 Agustus 2014

Mengungkap Misteri Hilangnya Budaya Kuno Chaco Canyon (Amerika)

Selama lebih dari 2.000 tahun, orang-orang Pueblo kuno menempati wilayah luas di selatan-barat Amerika Serikat. Chaco Canyon adalah pusat utama kebudayaan leluhur Pueblo antara tahun 850 dan 1250 Masehi, tempat ini adalah merupakan pusat untuk melakukan berbagai upacara, perdagangan dan kegiatan politik untuk wilayah prasejarah  Four Corners. Puebloans dibuat dari blok batu pasir dan kayu yang diambil dari jarak yang yang sangat jauh, pembuatan lima belas kompleks utama yang diperkirakan telah menjadi bangunan terbesar di Amerika Utara hingga abad ke-19. Bangunan-bangunan besar bertingkat berorientasi pada matahari, bulan, dan arah kardinal, tingginya tingkat organisasi sosial masyarakat, dan aktifitas  perdagangan yang luas, menciptakan visi budaya seperti yang lain terlihat sebelumnya atau sesudahnya di dalam negeri tersebut. Namun, semua ini tiba-tiba runtuh pada abad ke-13 ketika pusat peradaban ini secara misterius ditinggalkan dan tidak pernah dihuni lagi.
Sebuah model rekonstruksi digital  Pueblo Bonito kuno (Chaco Canyon, New Mexico, Amerika Serikat) sebelum ditinggalkan. (Saravask melalui commons wikimedia)
Sebuah gambar dari reruntuhan Chetro Ketl di Chaco Canyon (New Mexico, Amerika Serikat); foto ini adalah kompleks kiva besar. (Saravask melalui commons wikimedia
Teori lama yang diyakini adalah bahwa kejatuhan budaya Chaco Canyon dan deforetasi terjadi karena masyarakat miskin menggunakan tempat tersebut untuk membangun kota. Hal ini di dasarkan pada bekas aktifitas pekerjaan sebuah bangunan yang tidak dilanjutuan. Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences telah menyimpulkan bahwa hal ini masih dipertanyakan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Popular Archeology, studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Departemen Antropologi, University of New Mexico, menunjukkan bahwa tidak ada bukti substansial untuk mendukung klaim bahwa masyarakat Puebloan kuno, membangun kota-kota yang sangat maju.

Sebuah gambar dari Hungo Pavi, yang terletak di bagian tengah dari Chaco Canyon (New Mexico, Amerika Serikat). Sumber gambar; Common Wikimedia

"Tidak ada bukti secara langsung yang memperlihatkan dampak yang disebabkan oleh manusia terhadap hutan lokal dalam Fase Bonito [masa konstruksi dari  850-1150 Masehi], ada indikasi bahwa lahan pertanian dihancurkan oleh deforestasi atau proses lainnya, dan, yang mengejutkan, tidak ada informasi arkeologi yang konklusif tentang jumlah dan sumber kayu, "tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Para peneliti menambahkan "Maksud kami, adalah bahwa kita tidak tahu dari mana asal sebagian besar kayu yang digunakan untuk membuat bangunan besar di Chaco. Akibatnya tidak ada dasar untuk menyimpulkan bahwa ditinggalkannya Chaco Canyon  disebabkan oleh deforestasi atau penggunaan sumber daya alam yang berlebihan, atau hubungan pertukaran yang tidak stabil, dan karena itu tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa sejarah Chaco sebagai sebuah cerita  masa lalu tentang kegagalan sosial. "

Sementara itu studi terbaru menolak teori sebelumnya mengenai runtuhnya budaya Chaco Canyon, hingga saat ini semuanya masih menyisakan pertanyaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada sekitar 700 tahun yang lalu yang menjadi penyebab dari budaya megah ini runtuh. (RR/tr/14)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar