Selasa, 12 Agustus 2014

Ditemukan Kerangka Manusia Besarta Kerangka Kuda Dan Alat Musik Kuno Di Kazakhstan

InaScience- Dalam rangkaian penemuan arkeologi belakangan ini, ilmuwan Kazakhstan menemukan alat musik kuno yang trkubur bersama kerangka manusia . Lokasi penemuan di Altai wilayah sebelah timur Kazakhstan Oblast, Tengrinews, demikian dilaporkan Turki Academy kepada pers setempat beberapa waktu yang lalu.

Penemuan kerangka manusia beserta kerangka kuda, alat musik, pedang, tombak dan panah
"Para ilmuwan Kazakhstan yang di ketuai arkeolog Zeinolly Samashev, PhD, telah menemukan makam seorang prajurit Turki di Altai. Arkeolog menunjukkan bahwa prajurit hidup pada abad ke-7 Masehi. Para ilmuwan juga menemukan senjata milik prajurit zaman ini, di sebelah kerangka ini ditemukan juga helm prajurit, panah, pedang, serta kerangka kuda dengan kekang emas. Penemuan yang paling penting dari penggalian itu adalah ditemukannya alat musik, mirip dengan (Kazakh) kobyz, "kata tim arkeolog kepada pers.

 
Alat musik kuno, berada di sebelah kerangka,Kredit: Press Service dari Turki Academy
Kobyz adalah alat musik Kazakhstan kuno yang memiliki dua senar yang terbuat dari bulu kuda. Alat ini diyakini menjadi alat musik  sakral yang mampu mengusir roh jahat. Alat ini banyak digunakan oleh tenaga medis spiritual dan dukun.

 
Kerangka kuda dan manusia terlihat terjaga dengan baik. Samashev yakin pria itu memegang posisi tinggi dalam kesatuannya. Penelitian awal menyimpulkan bahwa usia prajurit sekitar 40 tahun pada saat meninggal.
Penentuan usia yang tepat masih menunggu hasil penelitian yang dilakukan oleh tim areologi Turki Academy selanjutnya. Penggalian kerangka ini berada dibawah pengawasan  "Statehood system of Western Turkic Khaganate”. Dua jenis alat musik telah ditemukan di daerah ini selama satu tahun yang lalu.

 
Kerangka baru ditemukan di Kazakhstan dikelilingi oleh barang-barang berat. Kredit: Press Service dari Turki Academy
Tahun ini, kerangka prajurit Turki lainnya juga ditemukan di Akmola Oblast pada akhir Juli lalu, diperkirakan berasal dari era yang sama dengan kerangka yang ditemukan baru-baru ini.

Kemudian didalam situs yang lebih tua  disebelah selatan Kazakhstan Oblast juga ditemukan kerangka seorang perempuan Kerangka tersebut diperkirakan milik seorang wanita mulia beserta artefak berharga yang berasal dari bangsa misterius Kangju. (RR/tr/120814)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar