Sabtu, 02 Agustus 2014

Ditemukan Danau Aneh Ditengah Padang Pasir Tunisia



InaScience - Beberapa waktu yang lalu InaScience memberitakan tentang munculnya lubang misterius di Siberia yang ditemukan oleh seorang penggembala yang hingga kini masih menyisakan berbagai tanda tanya yang belum juga ditemukan jawabannya. Tidak berselang beberapa lama kejadian hampir serupa juga terjadi di Tunisia, demikian di laporkan oleh media online Mysterious Universe kisahnya hampir mirip seorang penggembala menemukan sebuah danau yang tiba-tiba muncul di tengah padang pasir gersang. Danau misterius ini hingga sekarang masih diteliti oleh para ahli tentang bagaimana asal-usulnya dan apakah air tersebut berbahaya bagi kesehatan.

Saat ini Tunisia sedang berada dalam cuaca yang panas, munculnya danau tersebut disambut dengan gembira oleh penduduk setempat. Segera setelah ditemukan danau ini sekitar tiga minggu yang lalu masyarakat berduyun-duyun datang ke tempat ini dan berenang di dalamnya. Airnya sangat jernih dan tidak nampak tanda-tanda sebagai air yang membahayakan bagi yang berenang di dalamnya. Danau ini diberi nama Lac de Gafsa atau Gafsa Beach karena terletak sekitar 25km dari Kota Gafsa, Tunisia.

Danau ini diperkirakan mempunyai kedalaman 50 meter dengan luas permukaan sekitar 2,5 hektar, sayangnya air yang pada awalnya jernih membiru ini cepat berubah dengan tumbuhnya ganggang hijau. Pejabat kesehatan setempat mengeluarkan peringatan agar masyarakat berhati-hati, karena bisa saja air terkontaminasi oleh bahan kimia karsinogenik atau bahkan mungkin bahan radioaktif. Namun demikian tidak menyurutkan masyarakat untuk tetap mandi dan berenang di danau tersebut.

Lac de Gafsa diperkirakan 50 meter dengan luas permukaan sekitar 2,5 hektar. Sayangnya, air biru pirus cepat berubah ganggang hijau. Pejabat kesehatan setempat mengeluarkan peringatan bahwa hal itu bisa terkontaminasi dengan bahan kimia karsinogenik atau bahkan mungkin radioaktif. Itu tidak menghentikan panas Tunisia mencari dip dingin.

Jadi, apa sebenarnya danau Lac de Gafsa? Menurut wartawan Lakhdar SouidBeberapa orang mengatakan bahwa itu adalah sebuah keajaiban, sementara yang lain menyebutnya sebagai sebuah kutukan.

Ahli geologi mengatakan itu mungkin terjadi sebagai akibat dari getaran lapisan lapisan batuan yang retak sehingga terjadi reservoir bawah tanah yang menyebabkan air mengalir melalui celah dan mengisi cekungan hingga membentuk danau. Perlu diketahui Gafsa adalah merupakan pusat industri pertambangan fosfor Tunisia jadi jika ada bahan kimia di dalam air dapat dipastikan itu adalah  fosfor yang membuatnya menjadi tempat yang tidak baik untuk berenang, demikian diungkapkan oleh Soud

Wilayah ini dipenuhi dengan deposito fosfat yang sangat besar, yang dapat meninggalkan residu radioaktif sehingga ada resiko nyata bahwa air terkontaminasi karsinogenik. Dnau yang muncul bersamaan dengan ditemukannya lobang besar di Siberia ini, sama sekali tidak ada hubungan dengannya. Begitu antusiasnya warga Tunisia dengan munculnya fenomena aneh ini membuat salah seorang warga membuatkan halaman Facebook untuknya. Silahkan anda kunjungi halaman ini untuk melihatnya: https://www.facebook.com/pages/LAC-De-GAFSA/1515412675356524?ref=ts&fref=ts (RR/tr/020814)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar