Rabu, 27 Agustus 2014

27 Juta Tahun Lagi Galaksi Bimasakti Akan Bertabrakan Dengan Burrito Cosmic

27 Juta Tahun Lagi Galaksi Bimasakti Akan Bertabrakan Dengan Burrito Cosmic
Galaksi Bimasakti

UmiverScience-  Apakah anda tahu tentang Galaxi Bimasakti? Jika tidak tahu atau bahkan anda anda belum pernag mendengar tentangnya maka anda perlu tahu dua hal ini.

1. Galaksi Bimasakti bukanlah galaksi yang besar jika di bandingkan dengan alam semesta ini, dia hanya sebagian kecil dari galaksi-galaksi lain yang ada di jagad raya. Meskipun Galaksi Bimasakti tergolong sebagai galaksi yang tidak terlalu besar, Galaksi Bimasakti tidak bisa diukur dengan standar apapun yang ada didunia ini. Galaksi ini mempunyai diameter 100,000 tahun cahaya dan berisi 300 milyar tata surya didalamnya.

Dengan ukuran yang demikian besar tidak akan ada pesawat apapun di dunia ini yang dapat menjelajahinya satu persatu, dengan tekhnologi secanggih apapun. Namun kita bisa mempelajari tentang keberadaannya dan peristiwa apa yang pernah terjadi pada Galaksi Bimasakti dengan menggunakan  tanda-tanda yang ditinggalkan olehnya pada masa yang lalu.

 2. Galaksi Bimasakti mempunyai kecepatan gerak yang sangat luar biasa menurut ukuran manusia, kecepatan geraknya adalah antara 130 KM/detik hingga 600 KM/detik atau sekitar 290.000 sampai 1,3 juta mil perdetik.


Seperti telah disampaikan diatas bahwa Galaksi kita ini mempunyai kemampuan gerak yang sangat luar biasa besar dan perlu diketahui bahwa sebagian besar dari galaksi ini adalah ruang kosong yang sangat memungkinkan terjadinya tabrakan dengan galaksi lainnya/ Bahkan menurut para ahli Astronomi Galaksi kita akan mengalami tabrakan dengan Galaksi Andromeda pada lima milyar tahun yang akan datang, saat itu terjadi mungkin galaksi tempat tinggal kita saat ini akan hancur berantakan. Namun faktanya, galaksi yang lebih kecil dari Galaksi Bimasakti dan awan gas pernah terjadi tabrakan namun ternyata tidak menimbulkan efek yang berarti bagi kita di bumi.


 Pada kenyataannya tabrakan tersebut ternyata tidak begitu menakutkan, ambil contoh misalnya saat awan Smith yang mempunyai ukuran sepersepuluh dari Galaksi Bimasakti yang diperkirakan akan bertabrakan dengan Galaksi Bimasakti pada 27 juta tahun yang akan datang. Namun faktanya ternyata Awan Smith telah menabrak Galaksi Bimasakti pada 70 juta tahun yang lalu dan terbukti tidak menyebabkan kerusakan bagi keduanya.
27 Juta Tahun Lagi Galaksi Bimasakti Akan Bertabrakan Dengan Burrito Cosmic
Smith Cloud (Awan Smith) Kredit: Photo: NRAO/AUI/NSF.

Sekarang, berbekal data baru dari Green Bank Telescope NRAO, para ilmuwan mulai mencari tahu rahasia kekebalan Cloud Smith. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa kemungkinan besar Coud Smith dikelilingi oleh perisai materi gelap. Seperti dijelaskan oleh Nadia Drake dalam National Geographic Nadia Drake berikut ini:

Seperti burrito kosmik, Smith Cloud (awan Smith)  dibungkus oleh materi gelap - suatu zat misterius yang  diduga terdiri lebih dari 80 persen dari materi yang ada di alam semesta. Itu adalah cangkang gelap yang  melindungi awan Smith dari robek yang bisa saja disebabkan oleh Bima Sakti. Jadi apa sebenarnya materi gelap yang melindungi awan Smith ini? Dari mana berasal? semuanya masih misteri bagi manusia dan merupakan tantangan baru bagi para Ilmuwan untuk menemukan jawabannya. (RR/tr/14)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar