Rabu, 27 Agustus 2014

Proyek Mars One Mempersiapkan Kandidat Untuk Hidup di Mars

Proyek Mars One Mempersiapkan Kandidat Untuk Hidup di Mars
UniverScience- Mars One, adalah sebuah organisasi nirlaba yang menghubungkan antara donatur dengan perusahaan penerbangan swasta dengan harapan dapat membangun sebuah koloni di planet Mars pada tahun 2023, yang kemudian direncanakan akan dibuat menjadi sebuah acara TV berbentuk reality show. Kedengarannya memang aneh dan tidak masuk akal, karena tentu akan menghabiskan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Namun, kenyataan berbicara lain karena rencana ini didukung oleh orang-orang kaya dan ternama dengan pendanaan dan rencana yang cukup realistis di belakangnya. Untuk awal mereka akan memilih sebanyak 24 orang untuk perjalanan ke Mars dan menghabiskan sisa hidupnya di Mars. Selain itu mereka telah membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi "penghuni" Mars, dan luar biasa mereka telah mendapatkan pendaftar sebanyak 200.000 calon yang akan diseleksi lagi untuk dipilih menjadi 1058 orang.

 Untuk menarik minat para donatur, proyek Mars One didukung dengan promosi yang sangat menarik, seperti terlihat dalam video dibawah ini. Gagasan ini terkesan benar-benar tidak masuk akal, namun apabila kita memperhatikan video ini secara detail dengan memperhatikan langkah demi langkah yang akan dilakukan, maka kita akan berkesimpulan bahwa proyek ini masuk akal.


Jadi sementara mereka berusaha untuk mendapatkan perangkat keras lainnya dengan menunggu pendanaan, merek akan membuat aturan tentang tata cara pemilihan kandidat yang akan dibawa ke Mars dari 200.000 pendaftar menjadi 1058. Tentu persaingannya akan berlangsung sangat ketat karena hanya 2% yang akan diambil dari 200.000 orang pendaftar.  

 Satu hal yang harus dilakukan mungkin adalah membuat simulasi untuk persiapan hidup di Mars, agar para peserta dapat hidup nyaman di planet Merah ini, yang tentu dibutuhkan banyak persiapan untuk bisa hidup disebuah lingkungan yang sama sekali berbeda dengan bumi.

 Belum ada informasi pasti tentang tata cara hidup yang akan dilakukan disana, tentang cara bersosialitas, cara hidup dan berbagai macam aktifitas lainnya. Mungkinkah para peserta akan hidup dengan pakaian astronot setiap harinya? Belum ada konfirmasi yang diberikan oleh para ahli proyek Mars One. Yang pasti kehidupan di Mars akan jauh berbeda dengan kehidupan di bumi, kondisi alamnya, juga grafitasi yang  sangat berbeda dengan bumi. Anda berminat..? (RR/tr/14)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar