Kamis, 14 Agustus 2014

Obat Pereda Sakit Gigi Tradisional Yang Terbukti Manjur


UniverScience- Sakit gigi sering menjadi masalah tersendiri bagi penderitanya, jika tidak segera diatasi penyakit ini juga cukup membahayakan dan akan mengakibatkan efek yang cukup serius. Sakit gigi sebenarnya merupakan istilah yang salah karena pada dasarnya yang sakit bukanlah gigi melainkan gusi, sakit biasanya disebakan oleh   terjadinya peradangan  atau pembengkakan pada gusi.

Penderita sakit gigi juga biasanya mengalami efek lain dari sakit yang dideritanya seperti kepala pusing dan demam. Rasa tertekan pada gusi juga rasa berdenyut nyeri seiring dengan de nyutan jantung akan terasa sangat mengganggu pada penderita. Sakit biasanya berlangsung beberapa lama bahkan bisa sampai satu minggu dan kadang muncul secara tiba-tiba.

Sakit yang begitu menghimpit kadang-kadang membuat penderita mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri agar rasa sakit yang diderita cepat hilang. Penggunaan obat pereda rasa nyeri dapat menimbulkan efek samping yang justru cukup membahayakan, seperti misalnya gangguan fungsi hati, peningkatan enzim hati, gangguan fungsi ginjal dan lain sebagainya. Sebetulnya obat pereda rasa nyeri akan cukup aman dikonsumsi sepanjang mengikuti saran dokter dan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Ada beberapa bahan herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, yang tentu tidak akan meninggalkan efek samping yang berbahaya bagi penderita sakit gigi, bahan-bahannyapun ada disekitar kita dan kita tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

1.Merica
Merica cukup efektif untuk meredakan sakit gigi, dan ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi. Tidak diketahui secara pasti kandungan zat apa yang dapat meredakan rasa nyeri yang terdapat di dalam merica, namun terbukti bahwa merica cukup ampuh untuk meringankan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Caranya cukup mudah, ambil 5 butir merica dan 5 butir garam kasar yang ukurannya sama, kemudian ditumbuk hingga halus. Kemudian campurkan sedikit air hingga membentuk pasta, setelah itu masukkan pada gigi yang berlubang jika gigi anda berlubang, namun jika gigi anda tidak berlubang cukup oleskan pada daerah gusi tempat gigi anda sakit, mudah kaan...?

2. Bawang Putih
Bawang putih mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman, termasuk kuman yang menempel pada gigi. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari bawang juga dapat meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sakit gigi. Dalam buku Jude's Herbal Home Remedies disebutkan bahwa bawang putih mempunyai kandungan antiseptik yang tinggi yang tidak hanya berfungsi sebagai pereda rasa nyeri pada penyakit gigi namun juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, ambil satu siung bawang putih berukuran normal kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian seperti pada penggunaan merica, masukkan bawang yang sudah dihaluskan pada gigi yang berlubang atau oleskan pada sekitar gusi pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama kurang lebih 5 menit setelah itu berkumur. InsyaAllah, dalam waktu yang tidak lama rasa nyeri akan reda.

3. Es Batu
Walaupun bukan menyembuhkan, es batu juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri walaupun sifatnya hanya sementara. Rasa dingin yang ditimbulkan dari es batu akan berfungsi sebagai pemati rasa pada area disekitar gigi yang sakit. Cara penggunaannya, kompres pada bagian pipi tepat pada gigi yang sakit, rasa dingin menyengat yang ditimbulkan akan mematikan rasa disekitar tempat yang sakit termasuk juga rasa nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Memang hanya solusi sementara namun anda dapat mengkompres lagi jika rasa nyeri kembali muncul.

4. Bawang Merah
Bukan hanya bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Bawang putih mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Sebagai pencegahan anda dapat mengunyah bawang putih secara berkala setiap minggunya, namun apabila sudah terlanjur terserang sakit gigi, anda dapat menggunakannya dengan cara seperti pada penggunaan bawang putih.

5. Garam
Garam juga cukup efektif untuk meringankan sakit gigi, Penulis pernah mengalami sakit gigi dan terbukti sembuh setelah menggunakan garam sebagai terapi penyembuhan. Caranya, ambil garam dapur setengah sendok makan kemudian larutkan garam dengan segelas air hangat, setelah itu gunakan air untukberkumur. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa nyeri hilang.

Demikianlah beberapa obat alami yang dapat kita gunakan untuk meredakan rasa nyeri yang di sebabkan oleh sakit gigi. Anda tidak harus menggunakan obat-obatan apotik, bukan masalah harga obatnya namu kita harus berfikir tentang efek samping yang ditimbulkannya, Oke...!! Keep Health, (RR/ot/14)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar