Minggu, 17 Agustus 2014

Pembuatan Teleskop Raksasa Untuk Berburu Alien Telah Dimulai Sejak Juni 2014

Pembuatan Teleskop Raksasa Untuk Berburu Alien Telah Dimulai Sejak Juni 2014
Para ilmuwan telah mengambil langkah pertama dalam membangun dunia optik dan teleskop inframerah  terbesar pada tanggal 19 Juni 2014 yang lalu dengan meledakkan puncak gunung untuk diratakan. Teleskop pemburu alien akan dibangun ditempat tersebut, akan seperti apa manfaat dari teleskop raksasa ini? Berikut ini laporan yang dikutip dari openminds.tv

Seperti namanya, European Extremely Large Telescope  (E-ELT) teleskop ini akan menemukan hal-hal besar selanjutnya. Lensa utama teleskop ini akan dibuat dengan diameter 128 meter dan terdiri dari 798  segmen lensa heksagonal dengan diameter enam kaki, masing-masing didesain agar dapat dipindahkan secara secara bebas ke tempat yang dikendaki. Dengan ukuran lensa yang sangat besar, European Southern Observatory menjelaskan bahwa E-ELT akan "mengumpulkan 13 kali lebih banyak cahaya dibandingkan teleskop optik terbesar yang ada saat ini."
Pembuatan Teleskop Raksasa Untuk Berburu Alien Telah Dimulai Sejak Juni 2014
Lukisan seniman dari European Extremely Large Telescope (Credit:. ESO / L Calcada)
Jadi apa manfaat yang diperoleh  para ilmuwan, dengan kapasitas pengumpulan cahaya yang begitu besar tersebut? Kapasitas besar tersebut akan berpengaruh pada, kemampuan teleskop untuk melihat kembali ke awal alam semesta akan dapat digunakan untuk mengamati  bentuk bintang-bintang utama pada galaksi. Para peneliti juga akan menggunakan E-ELT untuk membantu mereka mencari tahu tentang misteri materi gelap dan energi gelap. Hal lain yang membuat para astronom lebih bersemangat saat ini adalah kemampuan teleskop ini untuk menemukan dan mengkarakterisasi planet baru di sekitar bintang lain.

 


E-ELT akan menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam pencarian kehidupan di luar Bumi. Kemampuan untuk secara langsung mengamati exoplanets dan mempelajari atmosfer planet akan membantu para ilmuwan mengidentifikasi dunia yang dapat mendukung kehidupan seperti yang kita kenal. Ignas Snellen, seorang profesor astronomi di Universitas Leiden di Belanda menjelaskan, "Jika ada kehidupan di planet lain, maka itu adalah merupakan sesuatu yang sangat jauh. Kita tidak bisa melihat kehidupan disana  tapi kita bisa menentukan dari jarak jenis gas yang ada di atmosfer. Jika Anda melihat Bumi dari jarak jauh, Anda melihat ada oksigen di bumi, karena adanya kehidupan. Dengan teleskop ini, Anda dapat mencari oksigen di planet lain. "Snellen adalah seorang ilmuwan yang menjadi bagian dari kelompok yang mengembangkan observasi dan data-pengurangan teknik untuk teleskop berbasis darat, teknik yang akan digunakan oleh E-ELT nantinya.

Belanda adalah salah satu dari lima belas negara yang ikut berpartisipasi dalam proyek E-ELT, yang dioperasikan oleh European Southern Observatory.

Teleskop  dibangun di puncak gunung Cerro Armazones di Chile Atacama gurun. dan diperkirakan berat dari teleskop adalah 2700 ton.  Meskipun proses saat ini sudah resmi berlangsung, diperkirakan butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikannya , dan direncanakan akan selesai secara keseluruhan pada tahun 2024. (RR/tr/14)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar