Minggu, 02 November 2014

Rumput Laut Eucheuma Cottonii Dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Pada awalnya rumput laut Eucheuma Cottonii tumbuh secara alami, gelombang dan arus yang kuat memtahkan cabang-cabang  rumput laut. Cabang-cabang ini kemudian hanyut dan melayang jauh hingga  akhirnya jatuh di antara karang atau di dasar laut berpasir. Di tempat ini rumput laut merekat  dan  mulai tumbuh lagi sebagai tanaman baru. Pada habitat yang baru rumpun rumput laut kemudian  terbentuk. Dengan cara ini rumput laut telah menyebar ke lautan di seluruh dunia, sepanjang mereka menemukan habitat yang cocok dengan syarat pertumbuhannya maka rumput laut akan tumbuh dan berkembang biak di daerah tersebut.

Seiring dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang terus meningkat akhirnya budidaya rumput lautpun dilakukan dimana-mana dan terbukti telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir pembudidaya rumput laut.  Karakteristik rumput laut yang mempunyai cara berkembang biak dengan cepat membuat komoditas ini menjadi alasan utama bagi para nelayan untuk menekuni budidaya rumput laut Eucheuma Cottonii.

Pertanian rumput laut adalah merupakan kesempatan kerja baru bagi  masyarakat pesisir.  Budidaya rumput laut merupakan sumber pendapatan yang  mampu  meningkatkan standar hidup bagi para Nelayan. Kemudian pada saat yang sama, budidaya rumput laut tidak akan mengganggu kegiatan lain para Nelayan untuk tetap  mencari ikan atau memanen  kelapa untuk dibuat kopra.

Jika dibandingkan dengan aktifitas lain maka budidaya rumput laut adalah merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan, karena budidaya rumput laut akan mampu memberikan penghasilan sepanjang tahun, hal ini disebabkan oleh masa panen yang singkat.

Siapapun dapat terlibat dalam aktifitas budidaya rumput laut ini mulai dari anak-anak hingga orang tua, dengan demikian kesempatan kerja akan semakin meningkat dengan aktifitas budidaya rumput laut Eucheuma Cottonii, Dalam proses budidaya rumput laut anak-anak  juga dapat berpartisipasi dengan membantu  mempersiapkan tali bentangan, memotong string rafia, mengikat bibit rumput laut, dan lain-lain. Semua pekerjaan mudah untuk dilakukan, dengan kata lain petani rumput laut akan dapat bekerja dengan keluarga mereka dan menikmati pekerjaannya.
Rumput Laut Eucheuma Cottonii Dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir
Wanita dan anak-anak terlibat dalam proses budidaya rumput laut Eucheuma Cottonii
Poin penting lain dalam budidaya rumput laut adalah bahwa Pertanian rumput laut tidak berbahaya bagi lingkungan. Budidaya rumput laut tidak akan mengambil apa saja dari laut, petani tinggal mengelolanya bahkan pupuk kimia juga tidak diperlukan dalam aktifitas ini.  Tempat di mana rumput laut dibudidayakan, juga bermanfaat bagi organism laut dimana rumpun rumput laut dapat menjadi daerah terlindung untuk organisme laut berharga lainnya seperti, kerang, siput laut, ikan kecil dan banyak  lagi yang lainnya. Jadi aktivitas pertanian  akan bermanfaat  bagi kehidupan laut juga.

Apakah ada undang-undang yang saya harus tahu tentang budidaya rumput laut?
Tidak seperti kegiatan penangkapan ikan lain yang memiliki ukuran atau batasan volume, budidaya rumput laut bebas dari batasan produksi.  Siapapun dapat menanam dan panen sebanyak yang diinginkan. Namun,  tentu harus diketahui  bahwa ada beberapa tradisi dan aturan adat tentang penggunaan lahan wilayah laut.

Di Indonesia, hak atas wilayah laut dimiliki oleh desa-desa setempat. Dengan kata lain, warga setempat dapat menanam rumput laut dimanapun dia suka, sepenjang lahan tersebut belum digunakan oleh warga lainnya.

Jika Anda  punya rencana untuk melakukan budidaya rumput laut disuatu daerah, kami sarankan agar  Anda meminta izin tertulis dari pemilik adat atau siapa pun memegang hak atas penggunaan area yang telah Anda pilih. Hal ini sangat penting untuk menghindari gesekan dengan warga setempat, terkait dengan lahan yang anda gunakan.
Rumput Laut Eucheuma Cottonii Dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir
Rumput laut di gudang Exportir Makassar
Rumput laut digunakan dalam industri makanan dan produk lainnya
Melalui industri pengolahan rumput , komoditas ini diproses untuk menjadi berbagai macam produk baik produk makanan atau produk lainnya seoerti kecantikan dan kesehatan. Komponen  paling penting dari rumput laut, dalam industri, adalah karagenan zat yang kadang disebut juga  sebagai tepung rumput laut. Dari rumput laut yang telah keringkan, sekitar 25 persen-nya adalah karagenan, yang diambil dengan cara ekstraksi  melalui proses industri yang cukup rumit. Ada dua jenis Carrageenan yaitu Refined Carrageenan dan Semi Refined Carrageenan, yang kedua-duanya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan industry seperti untuk pembuatan es krim, cokelat, karamel,  topping kue, milk shake, yogurt, makanan kaleng, gel ikan, saus, dan banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu untuk keperluan non-pangan Karagenan digunakan dalam pembuatan cat waterbased, pasta gigi, lotion, sampo, dan bir. Carrageenan juga merupakan salah satu  komponen penting dalam beberapa produk farmasi.

Di beberapa negara  seperti di China, Jepang, Filipina, rumput laut Eucheuma juga dimakan segar dalam bentuk salad.  Belakangan ini rumput laut Eucheuma Cottonii banyak juga digunakan sebagai produk kecantikan, seperti digunakan sebagai masker wajah, lulur bahakan banyak digunakan sebagai makanan diet setelah rumput laut dibuat menjadi pasta. Anda dapat melihat dalam posting sebelumnya tentang cara pembuatan gel rumput laut.

Untuk mendapatkan pengalaman baru mungkin anda dapat mencoba mengkonsumsinya secara langsung, namun perlu diingat bahwa  alasan utama membudidayakan rumput laut  adalah bukan untuk memakannya secara langsung, namun untuk mendapatkan penghasilan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar