Senin, 17 November 2014

Manfaat Ubi Jalar Mencegah Kanker Payudara Hingga Leukemia

The American Cancer Society memperkirakan bahwa pada tahun 2011, terjadi  hampir 1,6 juta kasus serangan kanker di Amerika Serikat, hal tersebut memunculkan keprihatinan di kalangan paramedic yang membuat mereka terus berupaya untuk menekan jumlah kasus penderita kanker pada tahun-tahun berikutnya.  Amerika terus berupaya  untuk mencegah dan mengobati kanker dengan melakukan riset dan penelitian terhadap berbagai bahan makanan dan suplemen dengan harapan akan mampu meningkatkan peluang hidup bagi para penderita kanker. Ubi jalar adalah salah satu obyek penelitian mereka, dan ternyata umbi yang juga banyak terdapat di Indonesia ini mampu mencegah terjadinya serangan kanker.
Ubi jalar, telah  dikonsumsi selama lebih dari 10.000 tahun oleh manusia diberbagai belahan dunia,  umbi yang legit dan manis ini ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan senyawa gizi dalam pencegahan kanker. Jika Anda adalah salah satu orang yang  telah didiagnosa dengan penyakit kanker, konsultasikan dengan Dokter Anda untuk mendapatkan saran terhadap makanan yang harus Anda konsumsi baik sebagai pencegahan maupun penyembuhan. Berikut ini beberapa manfaat umbi jalar terkait dengan masalah kanker.

Identifikasi
Menurut International Potato Center Ubi jalar, atau Ipomoea batatas, merupakan tanaman pangan penting di seluruh dunia. Ada lebih dari 8.000 varietas ubi jalar dalam berbagai warna, termasuk putih, kuning, oranye dan ungu.  Selain daging dan kulit, banyak bagian tanaman ini , termasuk daun, akar, bisa dimakan. Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat, serat, mikronutrien, vitamin A dan C dan riboflavin. Ubi jalar juga mengandung polifenol anti-oksidan asam caffeic dan asam di- dan tri-caffeoylquinic, yang merupakan zat yang  memiliki sifat melawan kanker.

Kanker Payudara
Para peneliti di Jepang menguji ekstrak ubi jalar pada tikus dengan kanker payudara. Hasil dari penelitian tersebut diterditerbitkan pada tahun 2005 dalam "Bioscience, Bioteknologi dan Biokimia," yang menunjukkan bahwa tikus yang diberikan jumlah setara dengan 5 persen dari berat total pakan mengurangi jumlah tumor  terhadap kelompok kontrol dan menghambat pertumbuhan tumor baru.

Kanker Kandung empedu
Sebuah penelitian yang melibatkan 64 kasus kanker kandung empedu dan 101 kasus batu empedu mengumpulkan bukti untuk menentukan setiap hubungan antara makanan tertentu dan risiko kanker. Mereka yang memiliki batu empedu diyakini berada pada risiko yang lebih tinggi terkena kanker kandung empedu. Para ilmuwan mempublikasikan hasil mereka pada tahun 2002 dalam "European Journal of Cancer Prevention." Mereka menyimpulkan bahwa mereka yang makan sayuran, termasuk ubi jalar, memiliki penurunan risiko terkena kanker.

Kanker ginjal
Sebuah penelitian yang juga dilakukan di Jepang, yang diterbitkan pada bulan Juni 2005 di "Journal of Epidemiology," tidak menemukan hubungan antara sayuran tertentu dan perkembangan kanker sel ginjal. Namun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 3-4 ketela - termasuk ubi jalar, kentang biasa dan talas - memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Mereka menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengumpulkan data yang lebih signifikan, karena penelitian mereka masih dalam skala kecil.

Leukemia
Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli di Taiwan yang meneliti tentang ekstrak ubi jalar pada sel-sel leukemia promyelocytic. Para peneliti Taiwantersebut  menerbitkan temuan mereka di April 2007 pada  "Journal of Agricultural and Food Chemistry." Mereka menemukan bahwa ekstrak kentang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel leukemia. Meskipun hasilnya belum diuji pada hewan ataupun  manusia terhadap leukemia, para peneliti menyimpulkan bahwa ubi jalar mungkin berguna sebagai zat pencegah kanker.

Kanker Hati
Sebuah uji laboratorium yang meneliti seekor tikus dengan kanker hati diberikan  antosianin anti-oksidan yang diekstrak dari ubi jalar. Para ilmuwan melaporkan temuan mereka dalam jurnal Cina "Wei Sheng Yan Jiu" pada tahun 2008 bahwa 150 mg antosianin menyebabkan penurunan 33,33 persen dalam pertumbuhan tumor kanker hati.

Kanker Paru
Sebuah studi di Taiwan dari 301 kasus kanker paru-paru, 602 kontrol rumah sakit dan 602 kontrol lingkungan menyelidiki hubungan antara konsumsi makanan lokal yang kaya akan vitamin A, seperti daun ubi jalar, dan risiko kanker paru-paru. Para peneliti menyimpulkan dalam kajian mereka, yang diterbitkan pada tahun 2007 dalam "Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition," bahwa mereka yang makan daun ubi jalar yang paling banyak memiliki 43-65 persen penurunan risiko terkena kanker paru-paru.

Demikianlah, Tuhan selalu menciptakan apapun yang ada di muka bumi ini dengan berbagai macam manfaat, yang kadang kita anggap sepele namun ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa terhadap manusia baik untuk kesehatan maupun keperluan lainnya. Semuanya merupakan tantangan bagi manusia untuk memecahkan setiap misteri yang ada, untuk keperluan tersebut Tuhan telah memberikan fasilitas kepada manusia berupa akal yang melahirkan ilmu pengetahuan. Jadi nikmat Tuhan mana lagi yang kita lalaikan..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar