Selasa, 18 November 2014

Efek Samping Mengkonsumsi Rumput Laut Nori Secara Berlebihan

Nori adalah jenis rumput laut kering yang umum digunakan dalam masakan Jepang dan Korea, nori biasanya tersedia dalam lembaran tipis yang dipotong atau diiris menjadi pootongan-potongan kecil. Potongan-potongan  lebih kecil seukuran beras kadang juga digunakan sebagai hiasan dalam berbagai hidangan sushi. Secara umum Nori  aman untuk makan dalam jumlah moderat dan mampu menyediakan berbagai macam nutrisi yang menyehatkan tubu. Namun, meng konsumsi nori secara berlebihan  memiliki efek samping yang berbahaya. Jika Anda menderita komplikasi medis atau sedang mengkonsumsi resep obat, konsultasikan dengan tenaga medis Anda mengenai kebutuhan  Anda.

Kandungan Sodium
Menurut National Institutes of Health, natrium diperlukan oleh tubuh untuk memfungsikan saraf dan otot dan juga untuk mempertahankan tekanan darah. 2010 Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan konsumsi 2.300 miligram sodium setiap hari. Namun, orang dewasa Amerika rata-rata mengonsumsi 3.400 miligram sodium harian, yang membuat  mereka pada memiliki risiko komplikasi kesehatan. Menurut Takaokaya.com, satu lembar penuh nori panggang mengandung 11 miligram natrium. Jumlah ini mungkin tampak tidak signifikan, beberapa lembar nori  mengandung natrium tambahan. Ketika makan di restoran Jepang,  natrium dapat menumpuk sangat cepat di pada  nori, kecap dan garam yang ditambahkan untuk menambah aroma. Bagi seseorang yang seeding menjalankan diet rendah sodium harus membatasi asupan sodium,  kelebihan natrium dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti gagal jantung kongestif, sirosis dan penyakit ginjal kronis.
Efek Samping Mengkonsumsi Rumput Laut Nori Secara Berlebihan
 The iron in dried seaweed promotes red blood cell production. Photo Credit studionobra/iStock/Getty Images
Sumber DHA
DHA, atau docosahexaenoic acid, adalah jenis asam lemak omega-3 yang sering ditemukan dalam produk makanan laut, seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden, rumput laut merupakan sumber vegetarian DHA. The University of Maryland Medical Center mencatat bahwa DHA berfungsi untuk pengembangan yang  tepat pada sistem saraf dan mendukung kesehatan otak dan visi. Namun, UMMC juga melaporkan bahwa DHA juga dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah tertentu. DHA dapat mengurangi tekanan darah, sehingga meningkatkan efek dari resep obat tekanan darah.

Vitamin K
Menurut Drugs.com dan takaokaya.com, rumput laut merupakan sumber yang kaya akan vitamin K. Linus Pauling Institute menyatakan bahwa vitamin K berfungsi sebagai antikoagulan dan melindungi terhadap arteri dari pembekuan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir bebas ke jantung, paru-paru dan otak. Namun, Drugs.com melaporkan bahwa jumlah konsumsi yang berlebihan terhadap  vitamin K dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah, seperti warfarin. Vitamin K, menurut laporan dari University of Michigan Health System, dapat membuat warfarin kurang efektif. Hal ini dapat meningkatkan risiko pembekuan darah dan stroke.

Efek Samping lainnya
Drugs.com juga menambahkan tentang  efek samping yang ditimbulkan akibat  mengkonsumsi  rumput laut yang. Kemungkinan efek samping yang muncul adalah dermatitis kontak, gangguan saluran pencernaan, gondok, kolera dan peradangan. Efek penelitian ilmiah mengenai rumput laut pada wanita hamil atau menyusui  tidak dianjurkan, dan menyarankan agar  ibu menyusui harus menghindari mengkonsumsi  rumput laut nori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar