Minggu, 30 November 2014

Manfaat Buah Apel Mulai Dari Antioksidan Hingga Anti Kanker

Tuhan telah  menciptakan berbagai macam tumbuh-tumbuhan di muka bumi  dengan berbagai macam manfaat yang terkandung di dalamnya. Rata-rata makhluk hidup sangat menggantungkan hidupnya pada keberadaan tumbuh-tumbuhan untuk melangsungkan khidupan mereka, mulai makhluk hidup yang mempunyai ukuran mikro hingga makhluk hidup yang mmpunyai ukuran tubuh sangat besar membutuhkan tumbuhan sebagai bahan makanan mereka, termasuk di dalamnya manusia.
Manfaat Buah Apel Mulai Dari Antioksidan Hingga Anti Kanker
Buah apel segar
Disamping rasanya yang enak, berbagai macam tumbuh-tumbuhan mempunyai kandungan zat esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah buah apel. Ini adalah sebuah fakta umum bahwa buah apel sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.  Sebuah pepatah barat mengatakan  "Mengkonsumsi Sebuah apel sehari akan membuat dokter pergi", sebuah pepatah yang mencerminkan bagaimana  korelasi antara apel dan kesehatan manusia. Banyak orang mungkin tidak tahu apa yang ada di balik klaim kesehatan ini tentang apel, dan seberapa baik apel terhadap kesehatan tubuh. Manfaat kesehatan dari buah apel tidak hanya dari nutrisi yang dikandungnya, melainkan juga dari senyawa penting yang terkandung di dalamnya yang disebut fitokimia.

Fitokimia
Apel mempunyai kandungan fitokimia sangat tinggi, fitokimia adalah senyawa tanaman yang dapat membuat tanaman melindungi diri sendiri dan  juga memiliki efek kesehatan bagi tubuh manusia bila dikonsumsi. Tingginya kandungan quercetin, kaempferol dan myricetin mampu memberikan sifat antioksidan bagi tubuh manusia. Flavonol ini, bersama dengan anthocyanin, asam klorogenat dan epicatechin mampu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit system kekebalan tubuh. Tingkat tertinggi kandungan fitokimia terdapat dalam kulit apel, vitamin B2 senyawa procyanidin memberikan konstribusi sekitar 60 persen dari aktivitas antioksidan dalam kulit, demikian disebutkan dalam Science News.


Efek fisiologis
Polifenol dan quercetin, dua jenis fitokimia dalam apel, membantu mengatur gula darah. Quercetin juga mungkin saraf, membantu Anda menghindari penyakit Alzheimer. Sebuah komponen dalam apel disebut phloridizin dapat membantu memperlambat atau mencegah keropos tulang. Vitamin C dalam apel memberikan aktivitas antioksidan tambahan di luar aksi phytochemical apel.


Manfaat buah Apel dalam berbagai bentuk olahan
Mengkonsumsi buah apel dalam berbagai macam bentuk, baik sebagai makanan olahan, dikonsumsi secara langsung atau dibuat sebagai jus tidak mengurangi manfaat yang terkandung di dalamnya. Hal ini disebabkan karena terdapatnya berbagai macam komponen zat  esensial menguntungkan yang berbeda dalam buah apel yang bekerja sama untuk memberikan manfaat lebih terhadap tubuh. Serat pectin larut  yang terdapat di dalam buah apel berfungsi sebagai fitonutrien yang bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak darah.

Frekuensi konsumsi
Mengkonsumsi satu buah apel sehari adalah merupakan  cara terbaik untuk mendapatkan manfaat luar biasa dalam buah ini. Menurut World's Healthiest Foods, orang yang makan satu buah apel setiap hari akan lebih terlindung dari kanker dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi buah  apel. Untuk mendapatkan manfaat buah apel ini dianjurkan mengkonsumsi buah apel minimal 3 hingga 4 buah dalam seminggu, yang mencakup 4-5 jenis buah setiap hari.

Jenis
Apel mempunyai ribuan  varietas yang berbeda di dunia, dengan berbagai macam kandungan manfaat yang terdapat di dalamnya.  Menurut laporan Science NewsVarietas yang  diterbitkan pada tahun 2005 Red Delicious, Northern Spy dan Ida Red memiliki tingkat tertinggi fitokimia dan aktivitas antioksidan. Dalam berbagai macam studi yang dilakukan, buah Apel  memiliki aktivitas antioksidan paling dibandingkan dengan buah lainnya.

Demikianlah salah satu buah yang mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda, back to nature memang langkah terbaik untuk menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia, manfaatkanlah kekayaan alam dengan bijak untuk kesehatan Anda.

1 komentar:

  1. Bener ma bahwa buah apel salah satu manfaat nya adalah antioksidan atau anti penuaan dini, tetapi ada yang lebih mudah lagi yang kandungan lemaknya rendah dan baik juga untuk menghindari kolesterol dan diabetes seperti biji #kenari, sangat baik juga untuk anti penuaan. Sukses selalu mas.

    BalasHapus