Senin, 24 November 2014

Manfaat Mengkonsumsi Jus Mentimun Bagi Kesehatan

Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi mentimun? Jika iya, Anda akan memperoleh banyak manfaat dari buah yang biasa dikonsumsi saat masih muda ini. Di samping Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalapan, rujak atau lainnya, Anda dapat mengkonsumsinya dengan membuatnya sebagai jus. Mentimun termasuk dalam family  melon yang meliputi semangka, labu dan zucchini. Dalam budaya masyarakat Indonesia, mentimun banyak digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis makanan khas Indonesia seperti misalnya ketoprak, gado-gado, acar dan lain sebagainya. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi mentimun antara lain:
Memperoleh asupan Vitamin A dalam jumlah cukup
Dengan minum jus mentimun, Anda akan memperoleh asupan vitamin A dalam jumlah yang cukup. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat , dalam  database Reference National Nutrient. Manfaat tersebut akan diperoleh dari mentimun mentah baik dikupas atau tidak dengan kandungan Vitamin A sebanyak 86-109 IU per-porsi.  Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan mengandung antioksidan yang  memainkan peran penting dalam memelihara mata, pertumbuhan tulang, reproduksi dan pembelahan sel. Vitamin A  yang  berasal dari sumber tanaman disebut sebagai provitamin A karotenoid, sedangkan Vitamin A yang  berasal dari sumber hewani disebut preformed vitamin A yang sangat bermanfaat  untuk kesehatan lapisan permukaan di mata, saluran pernapasan, saluran kemih dan saluran pencernaan.

Sumber Dietary Fiber
Mengkonsumsi  jus mentimun akan meningkatkan tingkat asupan serat makanan. The Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat , melaporkan bahwa  jus mentimun merupakan  sumber serat makanan yang sangat bagus bagi tubuh. Jus mentimun mengandung  serat makanan yang dapat membantu dalam pencernaan dan kontrol berat badan. Mengkonsumsi  makanan dengan kandungan serat  tinggi  dapat membantu mencegah sembelit, wasir dan penyakit usus. Manfaat kesehatan penting lainnya dari serat makanan adalah melancarkan buang air besar, menjaga kadar kolesterol darah yang sehat dan pengontrol kadar gula.

Vitamin K
Mengkonsumsi jus mentimun juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi menjadi sehat karena kandungan Vitamin A di dalamnya. Menurut USDA - database Nutrient Nasional Standard Reference, satu porsi mentimun kupas  mengandung 19 persen asupan Vitamin A yang direkomendasikan untuk wanita dan 14 persen untuk laki-laki. Vitamin K juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan mengendalikan kekentalan darah.

Sodium
Mengkonsumsi sejumlah besar jus mentimun dapat juga dapat membantu  regulasi volume dan tekanan darah. USDA menyatakan Bahwa Satu porsi mentimun mentah yang telah dikupas, mengandung 2 hingga 6 miligram sodium.  Sodium bermanfaat bagi tubuh untuk menormalkan tekanan darah, memperbaiki kinerja saraf dan otot namun demikian  kelebihan sodium dapat menyebabkan penumpukan sodium yang berpotensi meningkatkan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar