Kamis, 13 November 2014

Cara Mudah Membuat Gel Rumput Laut


Telah banyak literature dan penelitian ilmiah tentang manfaat rumput laut terhadap tubuh manusia, beberapa penemuan menunjukkan tentang khasiat algae ini mulai dari perawatan luar badan hingga pencegahan, bahkan penyebuhan beberapa jenis penyakit.  Khasiat dai rumput laut sendiri sudah dirasakan oleh masyarakat sejak ribuan tahun silam khususnya orang-orang Asia, bahkan di Jepang rumput laut telah digunakan dalam berbagai macam bentuk makanan seperti  misalnya sushi.

Rumput laut dapat digunakan dalam berbagai bentuk, mulai dari penggunaan dalam keadaan segar, dibuat Gel rumput laut hingga tepung rumput laut yang telah di ekstraksi menjadi Carrageenan. Dalam keadaan segar biasanya rumput laut dikonsumsi sebagai salad, campuran pembuatan es rumput laut, manisan dan lain sebagainya. Dalam keadaan sudah menjadi Gel rumpu laut dapat digunakan sebagai masker wajah, di konsumsi sebagai makanan diet, pencegahan berbagai macam penyakit dan lain sebagainya. Dalam keadaan telah menjadi tepung rumput laut dapat digunakan dalam berbagai macam produk seperti misalnya es krim, kosmetik, obat-obatan dan lainsebagainya.
Cara Mudah Membuat Gel Rumput Laut
Gel Rumput Laut
Untuk mendapatkan manfaat rumput laut segar dalam bentuk Gel, Anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Anda dapat menggunakan Gel rumput laut sebagai makanan kesehatan yang  dapat dikonsumsi setiap hari dalam takaran tertentu. Gel rumput laut juga dapat digunakan sebagai masker wajah, kandungan zat esensial yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit, antioksidan dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara Membuat Gel Rumput Laut
Di masyarakat kita, rumput laut yang banyak digunakan sebagai gel yang kemudian digunakan untuk berbagai keperluan adalah rumput laut jenis Eucheuma Cottonii yang ditanam secara khusus, sehingga benar-benar aman saat diaplikasikan, baik sebagai perawatan kulit aupun di konsumsi langsung. Adapun cara pembuatan Gel rumput laut adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Gel Rumput Laut


1.    Sediakan rumput laut Euchema Cottonii sebanyak 100 gram, pilihlah rumput laut yang benar-benar steril dan dibudidayakan di tempat yang tidak terkontaminasi limbah industry, anda dapat membelinya dipasaran





2.    Cuci bersih rumput laut dengan menggunakan air bersih. Rendam rumput laut dengan air bersih selama minimal 8 jam dan setiap 2 jam sekali dicuci ulang sambil diganti air rendamannya. Pada perendaman terakhir, gunakan air cucian beras untuk menghilangkan bau amis pada rumput laut.







Cara Mudah Membuat Gel Rumput Laut3. Setelah dilakukan perendaman dan rumput laut telah menjadi bersih, angkat rumput laut dan tiriskan hingga air benar-benar tuntas.





4.    Siapkan blender, dan masukkan rumput laut kedalamnya dan tambahkan air bersih sebanyak 100ml.








 5.    Blender rumput laut hingga benar-benar halus, hasilnya akan tampak seperti gambar disamping.









6.    Siapkan panci perebusan, dan masukkan rumput laut halus yang telah diblender. Nyalakan api dalam keadaan normal jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil. Tuangkan air ke dalamnya sebanyak  1 liter atau sesuai kebutuhan. Saat direbus, aduk rumput laut yang telah menjadi gel. Campurkan daun pandan atau air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, lama perebusan adalah antara 25 hingga 20 menit




7.    Setelah direbus selama 20 menit, angkat dan angin-anginkan hingga dingin







8.Simpan Gel yang telah jadi didalam kulkas dan gunakan sesuai kebutuhan. Gel rumput laut akan mampu bertahan sampai dua bulan jika disimpan dalam kulkas






9. Anda dapat menggunakan Gel rumput yang telah jadi untuk berbagai keperluan, seperti untuk masker wajah atau dapat dikonsumsi langsung bersama dengan madu atau susu.


Demikian tutorial cara pembuatan Gel rumput laut, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini. Selamat Mencoba

1 komentar: