Sabtu, 15 November 2014

Jus Apel Segar Mampu Mencegah Asam Urat

 Mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan kadang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan kesehatan seperti misalnya Gout yang disebabkan oleh kadar Asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. Namun demikian, berbagai macam resiko yang kadang ditimbulkan oleh makanan ada makanan lain yang berfungsi sebagai pencegah atau bahkan menyembuhkannya, itulah keadilan Tuhan yang di tunjukkan dalam keseimbangan alam. Buah apel, adalah salah satu buah yang dapat mencegah terjadinya serangan Gout pada seseorang dengan resiko Asam urat.

Gout adalah kondisi yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh radang sendi, kasus ini terutama terjadi pada jempol kaki, penyebabnya adalah kadar asam urat yang berlebihan yang berada dalam aliran darah. Endapan Asam urat berubah menjadi kristal tajam yang menumpuk pada perifer sendi. Makanan dengan kandungan purin yang tinggi banyak ditemukan dalam daging, makanan laut, anggur dan bir, dan menjadi penyebab utama konsentrasi asam  dalam darah.

Apel dan jus apel alami dapat membantu mencegah pengendapan kristal asam urat dalam darah, namun demikian pemanis buatan yang biasanya digunakan dalam pembuatan  jus apel dapat berkontribusi terhadap pembentukan kristal dan menjadi pemicu terjadinya gejala gout. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami nyeri sendi akut pada jari-jari kaki Anda.

Gout/Asam Urat
Gout adalah sebuah  kondisi arthritis yang biasanya ditandai dengan peradangan sendi, jari-jari terasa kaku dan rasa nyeri yang  parah. Pembengkakan juga sering terjadi pada daerah yang terserang khususnya pada kaki , tetapi sendi lain seperti pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan dan siku juga dapat mengalami hal yang sama. Selain deposisi kristal tajam yang terjadi dalam sendi, asam urat juga dapat menyebabkan batu ginjal dan menyebabkan benjolan yang terjadi  di bawah kulit yang disebut tophi, demikian disebutkan dalam  “Textbook for Functional Medicine.”

Serangan gout dapat dipicu oleh beberapa makanan seperti misalnya alcohol, makanan dengan kandungan  tinggi purin seperti daging merah, jeroan, kerang, sarden, ikan teri dan jamur. Beberapa serangan gout sembuh setelah beberapa hari tanpa pengobatan, tetapi kadang juga bisa terus terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jus apel untuk Pencegahan Asam Urat
Apel memiliki reputasi yang cukup baik untuk mengatasi dan mencegah serangan gout, meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.  Apel segar  merupakan sumber  asam malat, yang diduga dapat menetralkan asam urat dan mencegah pengendapan kristal, menurut buku "Manusia Biokimia." Apel juga mengandung vitamin C, yang memperkuat dan perbaikan yang kaya kolagen jaringan ikat sekitar sendi dan meminimalkan kerusakan yang dilakukan oleh kristal asam urat yang tajam. dengan demikian, segar jus apel mungkin patut mencoba untuk memerangi serangan gout. cuka apel merupakan sumber lebih kaya asam malat dan asam asetat, yang dapat mengurangi rasa sakit sendi meradang dengan melarutkan kristal asam urat.

Masalah dengan Fruktosa
Meskipun apel segar dan jus apel dapat membantu mencegah serangan gout, jus apel yang diproduksi secara komersial  dengan penambahan pemanis dapat berkontribusi pada gejala gout. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh "British Medical Journal,"  edisi 2008 perkembangan gout pada pria sehat adalah sebanding dengan konsumsi minuman ringan bergula, khususnya yang tinggi fruktosa. Para peneliti mencatat bahwa jus buah yang  diproduksi secara komersial mengandung  fruktosa tinggi, seperti  jus apel atau jus jeruk, yang juga dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari asam urat.

Obat natural lainnya untuk Asam Urat
Jus apel bukanlah satu-satunya obat alami yang paling populer untuk keluhan gout.  Solusi alami lainnya yang cukup terkenal untuk mencegah atau mengobati asam urat antara lain jus lemon, jus ceri asam, tonik alfalfa dan jus wheatgrass. Itulah kemampuan alam yang selalu berfungsi saling melengkapi antara yang satu dengan lainnya. Bijaksana dalam memanfaatkan karya alam ciptaan Tuhan akan memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar