Rabu, 26 November 2014

Bahan-Bahan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Penuaan Dini

Makanan dapat mempengaruhi terjadinya penuaan pada diri seseorang, bahan makanan tertentu dapat mempengaruhi kondisi tubuh hingga nampak lebih tua dari usia sebenarnya atau justru sebaliknya, lebih muda dari usia sebenarnya. Kali ini kita akan membahas beberapa bahan makanan yang bermanfaat untukk mencegah penuaan dini pada diri seseorang. Ada banyak jenis makanan yang dapat berfungsi sebagai makanan yang dapat mencegah penuaan (anti aging) namun ada beberapa bahan makanan yang menunjukkan manfaat luar biasa terhadap masalah penuaan.  Bahan-bahan tersebut mempunyai manfaat yang cukup signifikan untuk mencegah penuaan dini.

Blueberry

Bahan-Bahan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Penuaan Dini
 Blueberry memberikan manfaat anti-penuaan untuk beberapa sistem tubuh.
Blueberry mengandung vitamin C dan E serta antioksidan yang disebut sebagai  anthocyanin yang  mampu  menetralisir radikal bebas dan memberikan dukungan pada sistem kardiovaskular, mata dan sistem pencernaan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999 oleh Jean Mayer Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, tikus yang diberi makan blueberry memiliki skor yang lebih baik pada tes keseimbangan dan koordinasi tubuh ketika  berusia tua. Dalam sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan, setelah 90 hari makan blueberry, tikus memiliki sensitivitas insulin yang lebih baik dan mempunyai kadar gula lebih rendah, yang merupakan  indikator penting dari penurunan risiko serangan  diabetes, salah satu penyakit yang paling umum yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sebuah studi yang juga dilakukan di University of Reading dan di Study Peninsula Medical School menunjukkan bahwa tikus yang makan blueberry memiliki penurunan  kognitif yang lebih kecil dan memperlihatkan penuaan yang tertunda.

Minyak Zaitun

Bahan-Bahan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Penuaan Dini
Minyak Zaitun mengandung antioksidan kuat.
Kandungan polifenol Minyak zaitun mempunyai manfaat untuk melindungi hati dari serangan kanker. Polifenol sendiri merupakan antioksidan yang kuat untuk melindungi system tubuh kita. Temuan ini antara lain telah dilaporkan dalam The Journal of Nutrition dan European Journal of Cancer Prevention. Selain itu The Journal of Nutrition dan European Journal of Cancer Prevention, juga melaporkan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun mampu mengatasi kerutan pada kulit yang terjadi akibat penuaan alami.
Teh Hijau

Bahan-Bahan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Penuaan Dini
Teh Hijau  mengandung antioksidan penting
Teh hijau adalah jenis bahan makanan lain yang sarat dengan antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, dan catechin. Seperti  dilaporkan oleh The Journal of Nutrition, Cancer Prevention Research,  telah banyak penelitian menunjukkan bahwa teh hijau  memiliki beberapa efek protektif terhadap hati dari serangan kanker tertentu serta kerusakan hati.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa antioksidan teh hijau yang disebut katekin yang sangat bermanfaat pada jaringan mata, di mana antioksidan yang terdapat dalam the hijau dapat mengurangi stres oksidatif hingga 20 jam. Sebuah penelitian yang dilakukan Jerman, antioksidan yang terdapat dalam teh mampu  meningkatkan efek perawatan kulit LED untuk masalah keriput dengan menambahkan lotion yang terbuat dari ekstrak teh hijau.

Anggur Merah

Bahan-Bahan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Penuaan Dini
Anggur merah mengandung antioksidan yang mampu menangkal penyakit dan kanker.
Hasil dari berbagai penelitian telah dilaporkan oleh Carcinogenesis, Nature and Clinica Chimica Acta: the International Journal of Clinical Chemistry. Anggur merah mengandung beberapa antioksidan, termasuk polifenol yang disebut resveratrol yang dapat membantu menangkal penyakit yang berkaitan dengan usia. Dalam satu studi, resveratrol mampu mencegah kanker dengan membatasi pertumbuhan tumor pada tikus. Dalam studi lain, resveratrol memperpanjang umur tikus pada diet tinggi kalori.

Begitulah manfaat berbagai macam bahan alami dalam mencegah penuaan dini, selain itu gaya hidup yang kita jalani juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap  penuaan dini. Alam telah menyediakan segalanya buat kita semua, manfaatkanlah dengan penuh tanggung jawab serta bersyukur terhadap Allah Sang Maha Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar