Minggu, 02 November 2014

Mineral Dan Vitamin Yang Terkandung Dalam Rumput Laut

Rumput laut mungkin tampak seperti makanan tradisional untuk dimasukkan ke dalam menu makanan  Anda, namun sebenarnya tanaman ini  mengandung banyak vitamin dan mineral.  Rumput laut yang popular dalam menu makanan sering kita lihat untuk membuat  sushi gulung yang biasa disebut sebagai nori. Opini masyarakat tentang rumput laut yang dapat dikonsumsi secara langsung hingga kini masih terfokus pada Nori, rumput laut yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang ini memang sudah sejak lama digunakan di Jepang. Kenyataan yang sebenarnya, hampir semua rumput laut mempunyai kandungan zat esensial yang tinggi bagi kesehatan tubuh manusia termasuk juga rumput laut yang di budidayakan di Indonesia seperti Eucheuma Cottonii dan Eucheuma Spinossum. Nilai gizi yang tinggi dan kandungan lemak membuat sayuran laut  layak untuk dijadikan sebagai bagian dari menu harian Anda.
Yodium
Yodium adalah salah mineral penting bagi kesehatan tubuh, dan rumput laut mengandung sejumlah besar yodium. Mineral ini sangat penting untuk  meningkatkan kesehatan fungsi tiroid. Kekurangan yodium merupakan penyebab paling umum dari terjadinya kerusakan pada otak dapat,  Linus Pauling Institute mencatat bahwa ganggang coklat memiliki kandungan yodium tinggi, tapi ganggang merah dan hijau mengandung lebih dari cukup yodium untuk tunjangan kebutuhan yodium harian yang direkomendasikan. Menurut Institute Institute for Traditional Medicine, orang dewasa harus mengkonsumsi 150 mikrogram yodium  per hari, sementara itu 1 gram ganggang coklat memiliki 500 sampai 8.000 mikrogram yodium, dan 1 gram ganggang hijau atau merah dapat memberikan 100 sampai 300 mikrogram yodium.
Mineral Dan Vitamin Yang Terkandung Dalam Rumput Laut
Kalsium
Sebagaimana kita ketahui, Kalsium sangat berfungsi untuk pemeliharaan jantung, otot, saraf dan akan membantu  sistem tubuh untuk bekerja dengan baik dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Rumput laut merupakan sumber tanaman yang kaya akan kalsium, dengan kandungan sekitar 70 mg kalsium dalam setiap 1 gram rumput laut kering. Orang dewasa dengan usia 19-50 membutuhkan  1.000 mg yodium per hari, dan kebutuhannya akan meningkat pada usia  50 tahun ke atas yaitu membutuhkan sekitar 1.500 mg kalsium setiap hari, demikian menurut study yang dilakukan di University of Maryland Medical Center. Menambahkan rumput laut untuk diet Anda dapat membantu Anda  memperolah tambahan kalsium harian Anda.

Vitamin B
Beberapa jenis rumput laut, khusus nori, mengandung berbagai macam  vitamin B. Nori adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan  vitamin B-12  yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, sintesis DNA dan fungsi neurologis yang tepat bagi tubuh. Vitamin B lainnya juga sangat  penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, sebagai sumber  energi, memproduksi sel-sel darah, dan juga berfungsi  memproduksi dan mempertahankan DNA.

Asam Lemak  Omega-3
Rumput laut, juga merupakan sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 harus diperoleh melalui makanan karena tubuh manusia tidak menghasilkan omega-3. Asam lemak omega-3 mampu mengurangi peradangan, membantu meningkatkan  fungsi kognitif  dan mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar