Rabu, 10 Desember 2014

Sekerat Daging Hypothalamus Mampu Membedakan Jenis Kelamin Pria Dan Wanita

Satu lagi bukti yang akan membawa manusia untuk mengakui secara yakin, bahwa dalam proses kejadian manusia ada peran kecerdasan yang berada diluar jangkauan akal manusia. Perhatikanlah apa yang dilakukan oleh sekerat daging bernama hipotalamus yang mempunyai ukuran tidak lebih dari ukuran bola bekel ini
Sekerat Daging Hypothalamus Mampu Membedakan Jenis Kelamin Pria Dan Wanita
Hipothalamus, sekerat daging dengan kecerdasan luar biasa
Langkah pertama yang diambil oleh Hipotalamus adalah membawa pria dan wanita ke tahap pubertas dengan mengirimkan Gn-RH hormon (Gonadotropin-releasing hormone) melalui aliran darah ke kelenjar pituitari. Kelenjar pituitari dimulai fungsinya pada perintah dari hipotalamus dan mulai mengirimkan  hormon yang akan mengaktifkan organ reproduksi. Hormon tersebut adalah hormon LH (luteinizing) dan hormon  FSH (follicle stimulating). Masing-masing hormon ini mengalami sekresi baik pada pria maupun pada wanita, namun ternyata memiliki efek yang berbeda.
Sekerat Daging Hypothalamus Mampu Membedakan Jenis Kelamin Pria Dan Wanita
Pada pria Hipotalamus menyebabkan terjadinya produksi sperma (kiri) yang bekerjasama dengan lobus anterior kelenjar hipofisis dan testis. Sementara itu produksi hormon yang terjadi pada wanita (kanan) melibatkan hipotalamus, kelenjar pituitari dan ovarium. Aktifitas biokimia khusus untuk laki-laki dan perempuan menunjukkan adanya rancangan cerdas, diluar jangkauan akal dan fikiran manusia. Bagaimana proses ini dapat terjadi, meskipun sama-sama hipotalamus namun menghasilkan efek kerja yang berbeda.
Terlepas dari kenyataan bahwa hormon yang sama yang dikeluarkan baik pada pria dan wanita, hal ini sangat mengherankan bagaimana mereka benar-benar mempunyai efek yang berbeda. Misalnya, pada wanita, hormon FSH merangsang  terjadinya  produksi telur,sedangkan pada pria, hormon yang sama merangsang terjadinya produksi sperma. Pada wanita hormon LH memastikan bahwa sel telur dikeluarkan  dalam perjalanan ke rahim dan hormon lain yang disebut progesteron disekresikan oleh sistem reproduksi wanita. Progesteron digunakan untuk mempersiapkan rahim untuk bayi. Sementara itu hormon yang sama melakukan fungsi yang sama sekali berbeda pada pria, merangsang sel-sel untuk terjadinya sekresi hormon testosteron.  Hormon Testosteron menghasilkan karakteristik laki-laki dan menjamin terjadinya produksi sperma.

Sekerat Daging Hypothalamus Mampu Membedakan Jenis Kelamin Pria Dan Wanita
Dalam ilustrasi ini kita melihat molekul dan mekristalisasi struktur hormon progesteron (1), dan pada bagian bawah, kita melihat molekul dan kristalisasi struktur hormon estrogen (2). Jelaslah bahwa hormon-hormon ini, terdiri dari beberapa atom dan  tidak mungkin mereka bekerja dengan kehendak mereka sendiri dalam merencanakan perubahan yang terjadi dalam tubuh manusia. Adalah Tuhan Yang Mahabesar yang menciptakan mereka dan memberi mereka fungsi yang menakjubkan.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah, dan kemungkinan telah dekatnya kebinasaan mereka? Maka kepada berita manakah lagi mereka akan beriman selain kepada Al Qur’an itu? (Al Qur'an, 7: 185)

Hal ini tentu menarik untuk kita fikirkan bahwa hormon yang sama yang diproduksi dalam tubuh yang berbeda sesuai dengan rumus yang sama tetapi menyebabkan hasil yang sama sekali berbeda antara satu dengan lainnya.

Sekerat Daging Hypothalamus Mampu Membedakan Jenis Kelamin Pria Dan Wanita

DNA berisi semua informasi relatif pada diri manusia dan ditemukan dalam inti pada setiap salah satu dari sekitar 100 triliun sel dalam tubuh kita. Dalam sel, DNA diatur dalam kompleksitas  protein-DNA padat yang disebut sebagai kromosom. Dalam ilustrasi di sebelah kanan, dapat dilihat bagaimana kromosom yang dikemas dalam sel. Desain yang terdapat dalam DNA adalah salah satu contoh yang sangat menakjubkan dari kesempurnaan ciptaan Allah.

Ketika hormon dilepaskan dalam tubuh laki-laki, ia tahu bahwa itu milik laki-laki dan membuat perubahan yang sesuai. Misalnya, testosteron menyebabkan perkembangan otot dalam tubuh laki-laki, misalnya membuat suara lebih berat dibandingkan suara perempuan dan tumbuhnya jenggot.

Hormon yang sama disekresi dalam tubuh wanita sesuai dengan rumus yang sama, akan tetapi pada wanita menyebabkan hasil yang hampir sama sekali berlawanan.  Hormon tersebut  memberikan suara wanita dengan suara seorang wanita dan suara laki-laki dengan suara eorang pria seperti yang kita dengar, dan hebatnya lagi hormone ini dapat menyesuaikan perkembangan tubuh menurut jenis kelamin, fakta hormon yang dapat membedakan antara anatomi dan kimia dari struktur tubuh laki-laki dan tubuh wanita, adalah merupakan fakta bahwa hormon memiliki pengetahuan dan itu juga berarti bahwa hormone dalam tubuh kita  memiliki kecerdasan dan harus menerima instruksi.

Rata-rata orang bahkan tidak tahu tentang pengaruh hormon pada organ reproduksi laki-laki dan perempuan, hubungan antara sel-seldalam tubuh  atau tentang bagaimana fungsi tubuh telah dimasukkan ke dalam system operasi yang sangat menakjubkan. Mereka tidak tahu rantai komando yang terjadi di dalam tubuhnya sendiri, pengiriman dan penyampaian pesan, mereka tidak tahu bahwa perkembangan tubuh tergantung pada perintah ini, dan bahwa bila terjadi halangan meskipun hanya kesalahan kecil dalam fungsi system, maka akan dapat berakibat fatal. Apakah Anda pernah merencanakan dan mengontrol system tersebut? Jawabannya tentu tidak, jangankan melakukan control atas semuanya, mengetahuinyapun rata-rata orang tidak mempunyai pengetahuan atas hal tersebut. Hal ini tidak aneh untuk orang yang tidak pernah mempelajarinya secara khusus dalam bidang ini, sehingga  tidak menyadari  tentang apa yang terjadi dalam system ini, namun sebuah fakta bahwa sekelompok molekul memiliki pengetahuan tentang apa yang harus mereka lakukan, ini sangat  luar biasa.

Bagaimana hormone bekerja, terlihat di bawah ini dengan struktur molekul yang mereka miliki, mereka terwujud dan memiliki informasi kimia? Bagaimana mungkin semua ini bisa terjadi?  Mereka mampu  mengetahui kimia tubuh masing-masing  seperti layaknya seorang yang ahli dalam bidang ilmu kimia, kemudian menggunakan pengetahuan yang dimilikinya, menerapkannya pada area tubuh mana yang mmerlukan? Bagaimana mereka langsung mengarah kepada sel-sel lain untuk menghasilkan hormon yang diperlukan pada saat mereka dibutuhkan? Bagaimana mereka sadar bahwa molekul memiliki kecerdasan untuk melakukan semua hal ini? Jelaslah sudah, bahwa molekul yang disebut hormon tidak dapat memiliki kecerdasan ini. Tentu semua proses ini tidak bisa terjadi secara kebetulan, harus ada campur tangan untuk melakukan itu semua.

Hanya ada satu penjelasan untuk fenomena luar biasa yang terjadi dalam tubuh ini: proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh manusia, dimana pria dan wanita diberi karakteristik yang terpisah menunjukkan adanya rencana yang disengaja dan didesain. Siapa perencananya? Kita pemilik tubuh yang juga memiliki mekanisme ini tidak pernah merencanakan dan mendesainnya, rencana itu demikian sempurna desain itu demikian tepat sasaran dan tanpa ada kesalahan. Semuanya harus dilakukan oleh “Sesuatu” yang mempunyai kecerdasan dan kekuasaan untuk mengontrol alam semesta, Dialah Allah Azza Wajalla.


Referensi:
http://www.creationofman.net/chapter1/chapter1_3.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar