Senin, 08 Desember 2014

Kamera Ilmuwan NASA Menangkap Obyek Aneh Di Permukaan Mars

Gambar yang terekam oleh kamera para ilmuwan NASA dengan menggunakan High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) tersebut berbentuk sebuah lahan dengan bentuk lingkaran. Obyek tersebut hingga kini masih menjadi misteri bagi para ilmuwan NASA. Obyek tersebut berada di  Athabasca Valles, di wilayah Elysium Planitia dari garis khatulistiwa Mars.
Gundukan melingkar ditemukan oleh para ilmuwan NASA di Athabasca Valles, utara-tengah Elysium Planitia, Mars. Gambar: NASA / JPL-Caltech / University of Arizona.
Gundukan melingkar ditemukan oleh para ilmuwan NASA di Athabasca Valles, utara-tengah Elysium Planitia, Mars. Gambar: NASA / JPL-Caltech / University of Arizona.
Obyek berbentuk lingkaran tersebut diperkirakan mempunyai lebar sekitar 2 KM, lahan ini berbentuk lingkaran seperti sebuah pulau di tengah-tengah lautan. “Pulau” ini tampak dikelilingi oleh lava halus yang berada disekitarnya.
Obyek yang menyerupai sebuah pulau ini terletak disebuah wilayah yang disebut sebagai  Athabasca Valles yang merupakan arus keluar sepanjang  300-km, sebuah sistem saluran geologis muda yang terletak di utara-tengah Elysium Planitia.

Pada lokasi ini terdapat  beberapa aliran lava termuda di planet ini yang diperkirakan berusia  500 sampai 100 juta tahun (Akhir Amazon).

Menurut para ilmuwan, permukaan wilayah Athabasca Valles 'dipenuhi dengan ratusan cincin dan kerucut yang  terbentuk dari  uap  yang menembus ke permukaan melalui aliran lava.
Fitur melingkar dengan lebar 2-km di Athabasca Valles, seperti yang terlihat oleh kamera HiRISE.   Gambar kredit: NASA / JPL-Caltech / University of Arizona.
Fitur melingkar dengan lebar 2-km di Athabasca Valles, seperti yang terlihat oleh kamera HiRISE. Gambar kredit: NASA / JPL-Caltech / University of Arizona.
Hingga hari ini para ilmuwan belum menemukan jawaban tentang keberadaan  gundukan melingkar  di Mars tersebut. Obyek ini baru ditemukan beberapa waktu yang lalu. Mereka hanya baru memberikan spekulasi bahwa penybab munculnya lingkaran misterius ini disebabkan oleh aktifitas vulkanik yang terjadi di dalam perut Mars.

Mungkin lava yang berasal dari kedalaman Mars telah menerobos keluar dan menyebabkan terbentuknya beberapa gundukan yang muncul di permukaan planet merah ini.

Dari struktur yang terbentuk, tampak seolah-olah seperti ada material  yang hilang dari gundukan berbentuk lingkaran tersebut, sehingga tidak tertutup kemungkinan  ada sejumlah deposit besar es di gundukan yang mencair akibat panas lava.

Terdapat  berbagai fitur seperti ini di wilayah tersebut yang hingga kini masih membingungkan para ilmuwan, dan mereka masih terus berupaya untuk menemukan jawabannya

"Kami berharap bahwa pengamatan dari dekat terhadap gambar ini, dan lain-lain yang terdapat di sekitarnya, akan memberikan beberapa petunjuk tentang proses pembentukannya," demikian kesimpulan para ilmuwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar