Selasa, 16 Desember 2014

Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh Anda

Jus tomat telah lama digunakan sebagai bahan pokok dalam masakan Barat maupun internasional. Minuman berwarna orange ini disamping menggoda selera juga kaya nutrisi, rendah kalori juga rendah  lemak. Disamping itu jus tomat juga mengandung  beberapa zat esensial yang sangat penting bagi tubuh Anda, jus tomat juga akan membuat tubuh Anda dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal tersebut karena buah yang dapat kita peroleh dengan mudah ini banyak mengandung vitamin dan antioksdan. Disamping dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, tomat juga dapat dibuat dalam berbagai macam variasi makanan seperti saus dan sambal. Kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam tomat? Berikut ini beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.
Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh Anda
Jus tomat
Nutrisi yang terkandung di dalam jus tomat
Cara membuat jus tomat yang disarankan adalah dengan cara memanaskan, menghancurkan dan memasak  tomat hingga mendidih. Untuk menjaga nutrisi yang terkandung di dalamnya,  biasanya tomat direbus terlebih dahulu untuk menonaktifkan enzim yang dapat menurunkan kadar vitamin C dan nutrisi lainnya ketika tomat hancur . Sementara beberapa jenis makanan lain kehilangan kandungan nutrisinya  ketika dimasak atau dijus,  pada tomat tidak terjadi demikian, proses pemanasan yang dilakukan pada tomat dapat  meningkatkan sifat-sifat tertentu  yang terkandung di dalam tomat '. Lycopene dalam jus tomat yang telah direbus justru lebih bioavailable daripada pada tomat segar, Lycopene dapat meningkat karena proses pemanasan dan minyak yang digunakan untuk membuat  jus tomat.

Manfaatjus tomat
Tomat merupakan sumber yang  vitamin A dan C yang cukup potensial. Pada jus tomat yang dikemas dalam kaleng  kadang juga diperkaya dengan beberapa zat esensial lainnya untuk  meningkatkan kadar vitamin dan nutrisi lainnya. Departemen Pertanian Amerika Serikat mencatat bahwa 1/2 cangkir jus tomat mengandung vitamin C dari 10% dan 35% kebutuhan harian yang direkomendasikan. Jus tomat yang kaya nutrisi ini juga mengandung vitamin B, potassium dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda .

Antioksidan
Salah satu kandungan nutrisi penting yang terkandung dalam jus kesehatan yang biasanya dijual di pasaran adalah terdapatnya kandungan  antioksidan dalam jumlah besar. Jus tomat, kaya akan beta karoten dan lycopene. Lycopene adalah zat yang terkandung  di dalam buah tomat dan dapat membuatnya menjadi berwarna merah tua. Lycopene dalam tubuh manusia dapat  menurunkan  risiko serangan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kandungan Antioksidan dan phytonutrient yang terkandung di dalam buah tomat mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel pada tubuh Anda. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh American Academy of Neurology juga menemukan bahwa konsentrasi serum  lycopene yang terkandung di dalam  tomat dan produk-produk berbasis tomat dapat menurunkan  risiko serangan  stroke dan stroke iskemik pada pria.

Hal-hal yang perlu pertimbangkan
Meskipun  jus tomat mempunyai  banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, buah ini juga mengandung beberapa zat yang merugikan tubuh Anda, seperti misalnya sodium.  Sodium yang terkandung di dalam tomat dapat membantu dalam fungsi saraf dan mengatur tekanan darah, akan tetapi mengkonsumsi makanan tinggi sodium secara berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan mulai dari tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Demikianlah beberapa manfaat dari buah tomat bagi kesehatan tubuh kita, alam memang selalu menyediakan apapun yang kita butuhkan. Yang harus kita lakukan adalah berlakulah arif terhadap alam agar alam mau bersahabat dengan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar