Selasa, 09 Desember 2014

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga Bagi Tubuh Anda

Beberapa hari terakhir saya sering mendapatkan “sedekah” buah mangga dari tetangga, saya jadi ingat bahwa bulan-bulan ini memang pohon mangga sedang banyak menghasilkan buah. Saya tertarik untuk menulis tentang manfaat buat mangga bagi tubuh, mumpung kita baru dapat dengan mudah memperoleh buah dengan rasa legit dan manis ini. Namun demikian, sebetulnya buah mangga tidak hanya dapat Anda peroleh dalam bulan-bulan ini saja, di supermarket buah ini dijual sepanjang tahun sehingga Anda dapat membelinya setiap saat. Disamping rasanya yang khas, ternyata buah mangga mempunyai manfaat yang sangat bagus buat tubuh Anda.
Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga Bagi Tubuh Anda
Mangga telah dikonsumsi oleh manusia sejak lebih dari 4000 tahun yang lalu, tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis dengan berbagai macam variasi rasa dab warna. Mangga dapat dikonsumsi mulai masih muda hingga ketika sudah matang, bahkan sekarang banyak juga produk mangga yang dikeringkan, buah ini juga mempunyai nilai gizi yang tinggi dan sangat diperlukan oleh tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah ini secara mandiri atau menambahkannya ke dalam salad buah atau saus. Mangga muda kadang dikonsumsi sebagai rujak oleh masyarakat kita. Mangga  termasuk buah-buahan yang  rendah kalori dan mengandung nutrisi yang menguntungkan bagi. Mangga dapat ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia. Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi buah mangga antara lain

Serat
Sebagian besar buah dan sayuran mengandung serat untuk porsi makanan Anda, demikian juga dengan mangga. Buah ini mengandung  2,6 g serat tiap 1 cangkir porsi. Serat yang terdapat di dalam buah mangga membantu mencegah masalah pencernaan dan sembelit. Diet tinggi serat dapat mengurangi resiko serangan  jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit divertikular. The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hendaknya mengkonsumsi 25 gram serat per hari dan laki-laki mengkonsumsi setidaknya 38 gram tiap harinya. Satu porsi mangga ukuran sedang cukup membantu Anda dalam memperoleh asupan serat yang direkomendasikan.

Vitamin A
Buah mangga juga mengandung  vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan  pertumbuhan tulang yang tepat. Mangga ukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan Vitamin A bagi Anda sebanyak  1.785 IU . Jumlah tersebut adalah setara dengan 35 persen  vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap hari untuk kesehatan yang lebih baik.

Asam Folat
Folat, atau asam folat, adalah vitamin B esensial  yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Asupan makanan yang cukup asam folat sangat penting untuk kehamilan . Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir spina bifida dan sumbing langit-langit pada janin. Kekurangan asam folat dapat juga menyebabkan keguguran. Asam folat digunakan untuk mengobati anemia megaloblastik, yang terjadi ketika sel-sel darah merah lebih besar dari rata-rata. Anda membutuhkan  400 mcg folat setiap hari. Anda dapat memperoleh itu semua dengan mengkonsumsi mangga ukuran sedang.


Nutrisi lain
Satu porsi mangga ukuran sedang mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Salah satu nutrisi yang paling yang terdapat di dalam buah mangga adalah vitamin C, dengan 60 mg per porsi. Wanita dewasa membutuhkan 75 mg vitamin C acerca dalam sehari, sedangkan pria membutuhkan 90 mg acerca. Mangga juga mempunyai kandungan kalium  tinggi, dan setiap satu porsi mangga ukuran sedang memiliki 277 mg kalium. Buah ini juga mengandung sejumlah kecil kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Satu cangkir jus mangga Juga  mengandung sejumlah tembaga, selenium, mangan dan seng. Menambahkan mangga dalam menu harian  Anda dapat membantu Anda untuk meningkatkan asupan semua nutrisi penting dalam tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar