Senin, 08 Desember 2014

Manfaat Luar Biasa Mengkonsumsi Wortel Untuk Tubuh Anda

Wortel adalah merupakan salah satu makanan yang sangat kaya dengan vitamin. Wortel sebetulnya mempunyai beberapa warna meskipun yang sering kita lihat berwarna orange, beberapa jenis wortel  memiliki warna kuning, merah dan ungu.
Manfaat Luar Biasa Mengkonsumsi Wortel Untuk Tubuh Anda
Kandungan vitamin yang terdapat di dalan wortel sangat diperlukan oleh tubuh
Wortel dapat dinikmati dalam kondisi mentah, dimasak atau dibuat jus dan smoothie. Sayuran bergizi ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dengan berbagai macam kandungan vitamin dan kandungan zat esensial lainnya. Di antara kandungan vitamin dan zat esensial yang terkandung di dalam wortel antara lain:

Vitamin A
Satu wortel ukuran sedang mengandung 204 persen Vitamin A dari nilai harian kebutuhan vitamin tubuh dari yang direkomendasikan, vitamin A dapat  ditemukan pada hewan maupun bahan  makanan nabati. Dalam jenis makanan nabati, vitamin ini diproduksi oleh tubuh Anda dari senyawa gizi beta-karoten. Vitamin ini, juga dikenal sebagai retinol, yang berfungsi  untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A membantu mata Anda mempertahankan kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya dan mempertahankan kelembaban yang diperlukan dan tingkat lendir pada mata Anda.

Vitamin K dan C
Wortel juga merupakan sumber vitamin K dan C. Vitamin K berfungsi  untuk mempertahankan kemampuan darah agar tetap mengental sesuai dengan mekanisme tubuh. Vitamin K juga memberikan kontribusi  bagi kekuatan tulang dan kesehatan ginjal. Satu wortel ukuran sedang mengandung 8 mcg vitamin K. Satu wortel ukuran menengah mengandung 6 persen dari nilai harian vitamin C, yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat danberfungsi untuk membuat  gigi dan gusi menjadi kuat. Vitamin C juga dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi dari makanan nabati dan juga dapat membantu melawan  radikal bebas yang terdapat dalam tubuh Anda.

Serat
Serat adalah salah satu dari tiga jenis karbohidrat, yang juga merupakan sumber energi utama nutrisi bagi tubuh Anda. Serat sangat diperlukan oleh tubuh karena kemampuannya untuk menjaga kesehatan  usus Anda. Serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda dan berkontribusi untuk mangatur berat badan yang sehat dan proporsional, seperti halnya diet tinggi serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sebuah wortel ukuran sedang akan menyediakan untuk Anda kebutuhan serat seberat 2 g serat, atau 7 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.


Kalium
Jika Anda berkeinginan untuk meningkatkan asupan kalium pada tubuh  Anda, pertimbangkan untuk makan lebih banyak wortel. Satu wortel mengandung 400 mg kalium. The Institute of Medicine merekomendasikan agar orang dewasa mengkonsumsi 4.700 miligram potasium dalam sehari. Menurut situs kesehatan Fakta Organik, kalium adalah mineral ketiga yang paling berlimpah dalam tubuh Anda. Kalium dapat membantu mengurangi risiko stroke, tekanan darah tinggi dan kecemasan. Kalium juga dapat  membantu untuk mengontrol metabolisme dan meningkatkan kesehatan otot, jantung dan sistem saraf. Kalium juga mengatur penyerapan elektrolit dan diperlukan untuk hidrasi yang tepat.

Bahan makanan yang dapat Anda ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan Anda. Untuk mendapatkan hidup sehat ternyata Anda tidak harus mengeluarkan biaya banyak, cukup selaraskan hidup Anda dengan alam dengan cara mengkonsumsi makanan alami. Makanan instan yang kadang kita beli dengan harga yang mahal justru mempunyai reputasi buruk terhadap kesehatan tubuh kita, kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya sangat tidak familier terhadap tubuh yang akan menyebabkan berbagai macam keluhan dan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar