Jumat, 19 Desember 2014

Bahan-Bahan Alami Untuk Membuat Kulit Menjadi Kencang Dan Halus

Paparan sinar matahari, polusi udara, dan proses penuaan yang terjadi secara alami  dapat mengurangi elastisitas kulit Anda,  kulit menjadi kendur dan terdapatnya garis-garis halus pada permukaan kulit. Untuk memperoleh kulit lebih kencang dan halus sebenarnya  tidak harus dengan face lift atau menggunakan  produk kosmetik dengan harga mahal. Bahan-bahan alami yang mungkin Anda miliki di dapur Anda juga mengandung  zat-zat esensial  yang dapat mengencangkan kulit.

Bahan pelembab
Ada beberapa jenis makanan yang biasanya selalu tersedia di dapur Anda yang dapat digunakan sebagai bahan pelembab bagi kulit Anda. Beberapa jenis labu cukup bagus digunakan sebagai  bahan pelembab karena mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat melindungi kulit dari kekeringan. Menurut catatan yang diambil dari situs kesehatan alami Care2, alpukat mengandung  vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kulit. Beberapa bahan lain yang dapat membantu melembabkan kulit Anda antara lain Madu, minyak zaitun, lidah buaya dan shea butter. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai masker wajah, yang akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih halus dan kencang.

Bahan Toning
Beberapa jenis makanan yang ada di dekat Anda dapat digunakan sebagai pembersih pori-pori yang akan membuat kulit Anda tampak lebih kencang dan bersih. Susu dan buttermilk mengandung asam laktat, jenis alpha hydroxy acid yang mampu membersihkan sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit. Putih telur, ampas bubuk kopi  dan teh hijau juga dapat digunakan sebagai masker untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan kencang. Teh hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi  kulit dengan cara menambahkannya ke dalam masker wajah yang Anda gunakan sehari-hari. Tanah liat tertentu juga dapat digunakan sebagai  bahan alami untuk membersihkan pori-pori kulit Anda. Tanah liat yang biasa digunakan untuk masker adalah tanah liat dari jenis kaolin dan biasa digunakan untuk kulit kering atau normal, sedangkan bentonit atau kaolin merah digunakan untuk kulit berminyak.

Cara Penggunaan
Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat masker wajah dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar Anda, cukup praktis dan tidak memerlukan biaya besar.
  • Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan  bahan tunggal sebagai masker seperti putih telur atau setengah pisang atau alpukat.
  • Anda juga dapat mencampurkan tepung beras Jepang sebanyak  1/4 cangkir dengan buttermilk hingga menjadi 1/2 cangkir untuk membuat masker wajah  sederhana.
  • Atau, campurkan  putih telur dengan 1/4 cangkir ampas kopi yang telah digunakan atau dengan 1 sdm  madu dan minyak zaitun, seperti disarankan oleh para ahli perawatan kulit di website Carefair.
  •  Resep lain dari situs care2 adalah campurkan labu kuning yang telah dimasak dengan 1/2 sdt. madu dan 1/4 sdt susu.
  • Untuk menggunakan tanah liat sebagai masker, tuangkan 1 sdm. air, susu atau teh hijau ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 sdm. Tanah liat, aduk terus menerus hingga merata, atau anda dapat memblendernya untuk hasil yang lebih bagus.
Aplikasi
Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah dengan menggunakan handuk, air hangat akan berfungsi untuk  membuka pori-pori kulit Anda sehingga bahan masker wajah dapat menembus kulit Anda lebih efektif. Setelah itu keringkan dan mulailah gunakan masker yang telah Anda persiapkan dan usahakan agar  tidak mengenai mata Anda. Biarkan masker menempel ke wajah anda sekitar 15 menit kemudian bilas masker dengan air hangat. Bilas lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori Anda. Tepuk-tepuk  wajah Anda dengan lembut dan keringkan dengan handuk yang lembut. Usapkan dengan lembut  toner alami seperti air mawar pada, lalu oleskan pelembab ringan untuk membantu menjaga efek firming pada wajah.

Tips Dalam Penggunaan
Hindari mengkonsumsi makanan beminyak jika kulit Anda  termasuk kulit berminyak, karena minyak alami sekalipun  dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Untuk menghindari terganggunya  keseimbangan kimia alami pada kulit Anda, jangan gunakan masker wajah setiap hari. Anda juga dapat menerapkan perawatan kulit alami ini untuk melembabkan dan menghaluskan kulit di area lain, seperti misalnya leher atau siku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar