Jumat, 19 Desember 2014

Manfaat Mengkonsumsi Teripang Bagi Tubuh Anda

Habitat hidup teripang adalah di perairan asin pada ke dalaman yang  bervariasi, tergantung dari masing-masing jenis teripang, bahkan pada spesies tertentu hanya dapat ditemukan pada kedalaman air laut hingga ratusan meter. Teripang atau yang dalam bahasa China disebut sebagai haishom adalah binatang laut yang menyerupai ulat besar berkutil  dan berkulit kasar. Teripang banyak digunakan sebagai makanan berkelas dan obat tradisional di  Negara-negara Timur Tengah dan Asia.  Meskipun  rasa asli teripang adalah hambar, namun jaringan kulit teripang dapat dengan mudah menyerap rasa dari bumbu yang digunakan untuk memasaknya. Binatang yang kadang juga disebut sebagai gingseng laut ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia, bahkan dapat mencegah kanker. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi teripang antara lain:

1. Mencegah Kanker
Mengkonsumsi  teripang dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Hal ini karena teripang mengandung senyawa yang dikenal sebagai glikosida triterpen dalam jumlah yang cukup  tinggi , senyawa ini bermanfaat bagi tubuh sebagai antitumor. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Cina yang diterbitkan pada bulan Agustus 2005 dengan judul  " Cancer Biology & Therapy," teripang juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai E philinopside, atau PE. PE sendiri dapat menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada tumor. Dengan demikian akan  menekan pertumbuhan dan proliferasi tumor dalam tubuh Anda.

2. Sebagai antikoagulan
Pembekuan darah membantu mencegah perdarahan yang berlebihan saat Anda terluka. Namun, pembekuan juga dapat terbentuk di dalam pembuluh darah Anda bahkan ketika Anda tidak memiliki cedera fisik yang jelas sekalipun. Kondisi ini akan dapat menyebabkan sebuah kondisi fatal bagi tubuh Anda seperti emboli paru –paru dimana gumpalan darah menumpuk pada paru-paru  yang akan  menghambat aliran darah. Teripang mengandung senyawa yang dikenal sebagai kondroitin sulfat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Brasil yang diterbitkan pada bulan September 1996 di "Journal of Biological Chemistry" menemukan bahwa kondroitin sulfat dapat berfungsi sebagai  antikoagulan.

3. Anti-inflamasi
Teripang juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada pasien dengan kondisi seperti arthritis. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Malaysia yang diterbitkan pada bulan Oktober 2011 di "Marine Medicine" menemukan bahwa suplemen teripang mengurangi peradangan pada tikus jantan dan betina. Hewan laut ini mengandung senyawa seperti mucopolysaccharides, chondroitin dan glukosamin, yang dapat membantu meringankan gangguan arthritis. Senyawa-senyawa tersebut membantu dalam pengaturan keseimbangan lipid tertentu yang dikenal sebagai prostaglandin.  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam "American College of Rheumatology."Pasien dengan rheumatoid arthritis biasanya memiliki tingkat konsentrasi tinggi pada prostaglandin tertentu.

4. Penyembuhan Luka
Mengkonsumsi  teripang  atau ekstrak teripang  juga dapat  mempercepat penyembuhan luka, karena teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat . Hal ini mungkin disebabkan oleh karakter teripang yang mempunyai zat tertentu yang dapat dengan cepat meregenerasi  jaringan tubuhnya yang rusak karena terluka.  Hal tersebut dikemukakan oleh  "Marine Drugs" dalam sebuah Studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011, kemampuan teripang dalam meregenerasi tubuhnya yang rusak, karena binatang ini  mengandung  asam lemak tertentu, seperti misalnya asam arakidonat.

Demikian beberapa manfaat mengkonsumsi teripang bagi tubuh, meskipun teripang tergolong makanan laut dengan harga yang cukup maha,l namun manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsinya cukup sebanding dengan harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar