Senin, 08 Desember 2014

Proses Pembuatan Semi Refined Carraggenan (SRC)

Semi Refined Carrageenan (SRC) adalah produk Karagenan selain Refined Carrageenan dengan kemurnian dibawah Refined Carrageenan. Disebut sebagai Semi Refined Carrageenan karena produk ini belum murni sebagai Karagenan. Metode pembuatannyapun berbeda dengan pembuatan refined carrageenan. Metode pembuatan SRC lebih sederhana dan karagenan tidak  benar-benar diambil dari rumput laut namun masih menyisakan bahan-bahan lain yang terkandung di dalam rumput laut. Bagaimana mmetode pembuatan Semi Refined Carrageenan?, berikut ini dasar-dasar cara pembuatan Semi Refined Carrageenan.

Dalam proses produksi SRC, Rumput laut Kappaphycus alvarezii (Cottonii), ditempatkan di dalam keranjang logam, kemudian dipanaskan dalam larutan alkali kalium hidroksida selama sekitar dua jam. Hidroksida merupakan bagian dari pereaksi yang akan melakukan penetrasi terhadap rumput laut serta akan mengurangi jumlah sulfat dalam karagenan dan meningkatkan 3,6-AG sehingga kekuatan gel dari karaginan dalam rumput laut mengalami perbaikan.
Proses Pembuatan Semi Refined Carraggenan (SRC)
Rumput Laut Eucheuma Cottonii yang telah melalui proses pencucian
Kalium juga merupakan bagian dari pereaksi yang akan terkombinasi  dengan karagenan dalam rumput laut untuk menghasilkan gel dan hal ini akan mencegah karagenan itu sendiri  larut dalam larutan panas. Namun demikian proses ini akan menyebabkan protein soluble dan  karbohidrat akan terkuras habis dari rumput laut ketika berlangsung proses produksi.
  .
Residu, yang masih terlihat seperti rumput laut, dicuci beberapa kali untuk menghilangkan alkali dan apa saja yang dapat larut dalam air. Setelah itu dilakukan penjemuran,  setelah sekitar dua hari rumput laut dicincang dan dimasukkan ke pabrik untuk digiling untuk dibuat menjadi tepung yang kemudian dijual sebagai SRC atau tepung rumput laut.

Namun dalam proses ini tepung tidak bisa menjadi putih dan biasanya berwarna krem dan masih mengandung bakteri dalam jumlah banyak dan tidak cocok untuk dikonsumsi manusia. Produk ini  kemudian banyak digunakan sebagai  makanan binatang (pet food) yang dikemas dalam kaleng,  karena merupakan  agen gelling yang baik dan jauh lebih murah daripada karagenan halus. Suhu yang digunakan dalam proses pengalengan mampu membunuh  bakteri sehingga jumlah bakteri yang banyak  didalam  SRC masih aman dikonsumsi oleh binatang.
Proses Pembuatan Semi Refined Carraggenan (SRC)
Bagan proses pembuatan Semi Refined Carrageenan
Kadang-kadang produk kering hanya dipotong-potong dan tidak digiling, dan dijual sebagai bahan baku untuk untuk pembuatan Refined Carrageenan yang  disebut sebagai  Alkali Treated Cottonii (ATC) atau  Alkali Treated Cottonii Chips (ATCC), atau bahkan hanya cottonii yang berupa Chips. Jika proses ini dilakukan di negara asal rumput laut, seperti Filipina atau Indonesia, ini berarti prosesor di Eropa dan Amerika Serikat atau Negara lainnya akan menanggung  biaya transportasi yang lebih murah per ton karaginan, dibandingkan dengan pengiriman rumput laut kering. Prosesor juga akan mengeluarkan biaya lebih murah terkait dengan limbah produksi, yang secara otomatis akan mengurangi biaya pengolahan limbah.

Kappaphycus alvarezii adalah jenis rumput laut yang didigunakan dalam proses ini karena mengandung  karagenan kappa yang tinggi dan merupakan karagenan yang  membentuk gel dengan garam kalium. Karagenan Iota yang dibuat dari rumput laut Spinossum juga dapat diolah dengan metode ini, meskipun pasar untuk iota karaginan secara signifikan lebih kecil dibandingkan dengan kappa karagenan. Lambda karagenan tidak dapat  membentuk gel dengan kalium serta akan larut dan hilang selama treatment dengan menggunakan  alkali.

Kesederhanaan dalam proses pembuatan SRC membuat biaya produksi lebih murah sehingga harga produknyapun juga jauh lebih murah daripada Refined Carrageenan. Tidak melibatkan Alkohol yang harus dipulihkan, tidak ada peralatan distilasi untuk memurnikan alkohol, tidak ada peralatan untuk membuat gel, tidak ada pendingin untuk membekukan gel, maupun perangkat mahal untuk memeras air dari gel.


1 komentar: