Sabtu, 13 Desember 2014

Penemuan Desa Tua Berusia 7500 Tahun Terendam Di Bawah Laut Haifa, Israel

Sebuah situs penggalian yang terletak dibawah laut di Haifa, Israel, telah mengungkap sebuah sumur air tawar kuno berusia 7.500 tahun dari sebuah  desa Neolitik. Temuan ini berasal dari sebuah pemukiman pra-logam dan pra-tembikar yang berada di situs Kfar Samir. Desa ini tenggelam didalam kedalaman air sedalam  5 meter (16 kaki) yang diperkirakan disebabkan oleh kenaikan permukaan laut pada jaman prasejarah, dan menenggelamkan sebuah tempat yang diperkirakan sebagai pusat produksi minyak zaitun dunia.
Penemuan Desa Tua Berusia 7500 Tahun Terendam Di Bawah Laut Haifa, Israel
Seorang penyelam di Atlit Yam baik, situs neolitikum lain di lepas pantai Haifa, Israel. Kredit: Israel Antiquities Authority
Beberapa Tim peneliti dari Universitas Flinders di Australia, Israel Universitas Haifa dan Israel Antiquities Authority, telah melakukan penggalian struktur yang tenggelam ini dengan  menggunakan  fotogrametri, dengan harapan dapat memperoleh informasi tentang kehidupan  masyarakat kuno yang pernah berkembang di daerah ini, tentang  apa yang mereka makan, bagaimana mereka berburu, dan model perdagangan masyarakat ketika itu.
Penemuan Desa Tua Berusia 7500 Tahun Terendam Di Bawah Laut Haifa, Israel
Dr Benjamin (kiri) dan tim Universitas Haifa membersihkan pasir di lokasi penggalian. Kredit: J. McCarthy.
Sumur ini diperkirakan dijadikan sebagai sumber air tawar bagi masyarakat  desa. Menurut Arkeolog Kelautan, Jonatahan Benjamin dari Flinders University , "sumur air tawar ini sangat berguna  bagi arkeologi Neolitik karena setelah sumur ini tidak digunakan, masyarakat  menggunakannya  sebagai tempat sampah besar." Setelah permukaan laut mulai naik dan menyebabkan  air sumur yang semula tawar menjadi asin, dan akhirnya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah seperti  tulang hewan dan sisa makanan.

"Ini merupakan temuan yang luar biasa bagi para  arkeolog, karena  berarti kita dapat mengetahui tentang kehidupan masyarakat  ketika itu melalui sampah yang dibuang oleh masyarakat prasejarah - termasuk tulang hewan, serat tanaman dan alat – alat yang mereka gunakan, hal ini berguna  untuk mengetahui tentang  bagaimana kehidupan peradaban kuno , bagaimana mereka berburu dan apa yang mereka makan," kata Benjamin.

Situs Ilmu pengetahuan dan penelitian Phys.org melaporkan bahwa hasil sampel inti dari situs Kfar Samir akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai makanan jaman Mediterania awal, dan system  perdagangan yang terjadi desa ini. Para peneliti  berharap akan menemukan alat-alat yang tebuat dari batu,  jarum yang terbuat dari tulang, biji-bijian, serat tanaman, dan bahan organik lainnya.

Benjamin mencatat bahwa lokasi ini mungkin merupakan  pusat produksi minyak zaitun tertua di dunia, berdasarkan penggalian sebelumnya. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Archaeological Science menggambarkan tentang  ribuan batu zaitun yang hancur dan bukti awal tentang teknologi produksi minyak zaitun yang ditemukan di lubang-lubang di situs prasejarah pada tahun 1990-an.

Penemuan Desa Tua Berusia 7500 Tahun Terendam Di Bawah Laut Haifa, Israel
Sumur air tawar yang terendam di situs arkeologi Kfar Samir. Kredit: Israel Antiquities Authority
Tekhnologi canggih  fotogrametri yang digunakan oleh tim peneliti dan Wessex Arkeologi, dalam mengembangkan foto "mosaik", dan model 3-D dari sumur ini. Fotogrametri, mampu menentukan ukuran dan posisi yang tepat dengan menggunakan foto-foto yang diperoleh, sebetulnya hal ini bukanlah ilmu baru, namun penggunaannya memungkinkan untuk melakukan ekspansi ke perbatasan bawah air adalah merupakan ekhnologi terbaru. Benjamin menjelaskan teknik  tersebut "bukan hanya tentang menciptakan gambar cantik untuk arkeolog maritime, namu  alat ini dapat kita gunakan untuk mempelajari situs dan membuat interpretasi arkeologi. Kita bisa menghabiskan beberapa menit di bawah air, tapi kita dapat jam menganalisis materi secara detail hingga hal-hal terkecil di daratan. "

Bagi para  arkeolog dan sejarawan, informasi yang diberikan oleh situs prasejarah ini  sangat penting, untuk mengetahui banyak hal tentang kehidupan manusia prasejarah khususnya di sekitar lokasi penemuan ini. Penelitian akan terus dilakukan untuk mengorek informasi yang lebih lengkap mengenai  situs kuno  Haifa, karena permukaan air laut yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kita tunggu informasi selanjutnya yang akan diperoleh oleh para ilmuwan dam penelitian mereka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar