Jumat, 17 Oktober 2014

Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Untuk Tubuh

Rumput laut mungkin terlihat seperti bayam yang berlendir, tetapi ini merupakan sayuran laut yang segar, padat hijau atau coklat dengan kandungan  nutrisi yang tinggi dengan berbagai manfaat  bagi kesehatan tubuh. Diantara segudang manfaat rumput laut, algae ini mempunyai manfaat bagi kesehatan pencernaan, efek penurun kolesterol dan penurunan berat badan. Dengan mengkonsumsi rumput laut dalam jumlah kecil , anda akan memperoleh asupan sejumlah mineral penting ke dalam tubuh Anda. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari beberapa jenis rumput laut seperti  Nori dan kelp, di Indonesia terdapat juga beberapa jenis rumput laut yang dapat dikonsumsi secara langsung seperti Eucheuma Cottonii dan Eucheuma Spinossum.

Diet Serat Alami
Alginat, serat alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut seperti kelp, dapat membantu pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. Sebuah studi yang dipimpin oleh para ilmuwan Dr Lain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson dari Newcastle University menemukan bahwa makan rumput laut mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75 persen. Serat juga membantu Anda untuk merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan secara berlebihan. Temuan ini menunjukkan bahwa menambahkan rumput laut untuk diet Anda,  dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan kadar kolesterol tidak sehat yang berlebih  di dalam darah.

Nutrisi Penting
Seperti sayuran lainnya, rumput laut juga mengandung mineral penting dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Rumput laut juga dapat digunakan sebagai makanan diet yang  seimbang dan sehat. Menurut situs Best  Health, hanya satu gram rumput lautmampu  memberikan kebutuhan dosis harian yodium bagi tubuh, juga mineral yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi tiroid yang sehat.
Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Untuk Tubuh
Rumput Laut siap konsumsi
Selain itu, jenis rumput laut coklat yang disebut sebagai kombu  mengandung  fucoxanthin pigmen, yang dapat membantu memetabolisme lemak tubuh Anda menjadi energi.  Situs Best Health juga melaporkan bahwa  rumput laut  sarat dengan kalsium dan lebih banyak daripada brokoli dan hampir sama kaya protein seperti  kacang-kacangan. Nutrisi lainnya dalam rumput laut adalah vitamin B-12 dan vitamin A.

Jantung Sehat
Tubuh Anda membutuhkan lemak sehat sebagai bagian penting dari diet seimbang. Rumput laut memberikan lemak sehat bagi jantung yang disebut asam lemak omega-3. Situs Dr. Oz Show mencatat bahwa selembar rumput laut nori mengandung jumlah yang sama dari asam lemak omega-3 seperi  dua buah alpukat. Jenis lemak ini membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sehat, yang sekaligus mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Asam lemak Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Untuk Tubuh
Rumput laut Nori yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Photo Credit Jupiterimages / Comstock / Getty Images
Tambahkan Ruput Laut Untuk Diet Anda
Ada beberapa cara untuk menambahkan rumput laut untuk makanan sehari-hari  Anda. Anda dapat menggunakan  rumput laut nori  untuk menggulung sushi kemudian memakannya.  Anda dapat menambahkannya sebagai pembungbungkus sushi atau memasukkannya  dalam sandwich atau memotongnya dan mencampurkannya  ke dalam salad atau sup. Atau anda dapat menggunakan rumput laut Eucheuma Cottonii yang telah dibuat menjadi gel dan memakannya bersama dengan susu atau madu, insyaAllah anda akan mendapatkan manfaat luar biasa rumput laut untuk tubuh anda, Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar