Jumat, 31 Oktober 2014

Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Di Kepulauan Taliabu

Maluku Utara, dikenal sebagai penghasil rumput laut  E.Cottonii dengan kwalitas terbaik di Indonesia. Karakter Rumput laut dari daerah ini mempunyai mempunyai ukuran yang besar dengan warna cerah. Lahan budidaya masih bersih dari polusi dan area yang masih subur, kondisi tersebut didukung oleh banyaknya pulau-pulau kecil yang membuat arus air laut mengalir tenang dan bukan ombak yang besar sehingga sangat cocok untuk budidaya rumput laut.

Kondisi air juga bening sehingga memungkinkan sinar matahari dapat menembus perairan sampai kedalaman beberapa meter sehingga proses pertumbuhan rumput laut yang dibudidayakan menjadi lebih sehat dan subur. Nelayan membudidayakan rumput laut dengan menggunakan sistem Long Line.

Dalam perjalanan saya beberapa waktu yang lalu, Budidaya rumput laut di daerah ini akan memiliki potensi yang sangat bagus jika didukung dengan penanganan yang profesional serta didukung dengan sarana dan prasaranan yang memadai. Peran serta fihak-fihak yang berkompeten dalam masalah ini juga sangat diperlukan untuk pengembangan budidaya di wilayah Maluku dan sekitarnya  Budidaya masih dilakukan dengan cara tradisional dengan mengembangkan hubungan manusia dengan alam. 


Perjalanan saya, dari Sanana ke kepulauan Taliabu saya melewati banyak pulau-pulau kecil yang sangat menakjubkan, pelabuhan-pelabuhan kecil tempat sandar kapal untuk menjemput penumpang telah dibuat sebagai salah satu sarana transportasi di daerah-daerah in. Berikut ini beberapa buah foto dokumentasi yang sempat saya buat dalam perjalanan saya.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar