Senin, 28 Juli 2014

Ditemukan Artefak Sebelum Zaman Batu Di Utara Cape Afrika Selatan

Penggalian di sebuah situs arkeologi di Kathu sebelah utara provinsi Cape Afrika Selatan berhasil menemukan puluhan ribu artefak sebelum Zaman Batu, termasuk diantaranya kapak tangan dan alat-alat terbuat dari batu lainnya. Benda-benda bersejarah ini ditemukan oleh para arkeolog dari University of Cape Town (UCT), Afrika Selatan dan University of Toronto (U of T), bekerja sama dengan Museum McGregor  di Kimberley, Afrika Selatan.

Penelitian arkeolog 'di situs Kathu Townlands ini merupakan penemuan terbesar untuk situs arkeologi awal prasejarah di Afrika Selatan, seperti dilaporkan oleh, PLoS ONE, pada tanggal 24 Juli 2014 yang lalu. Diperkirakan bahwa situs tersebut berumur antara 700.000 hingga satu juta tahun .

Steven James Walker dari Departemen Arkeologi di UCT, penulis utama dari makalah jurnal, mengatakan:. "Situs ini menakjubkan dan terancam pembangunan dikota tersebut, Kami telah bekerja sama dengan Afrika Selatan Heritage Resources Agency untuk melestarikannya , tetapi perkembangan kota Kathu berkembang pesat di sekitar lokasi situs prasejarah tersebut, mungkin banyak peninggalan bersejarah ini hilang, dan ini sangat disesalkan"

 
Saat ini, Kathu adalah merupakan pusat pertambangan besi yang cukup besar. Walker menambahkan bahwa fakta situs prasejarah terletak di tengah-tengah zona pengembangan intensif yang menimbulkan tantangan unik untuk arkeolog dan pengembang untuk menemukan strategi untuk bekerja sama mengamankan situs bersejarah ini.

Situs Kathu Townlands merupakan salah satu komponen dari pengelompokan situs prasejarah yang dikenal sebagai Kompleks Kathu. Situs lain di kompleks ini termasuk Kathu Pan 1 yang telah menghasilkan fosil binatang seperti gajah dan kuda nil, serta peralatan prasejarah seperti mata tombak yang berusia lebih dari setengah juta tahun yang lalu.

Michael Chazan, Direktur Archaeology Centre di U of T, menekankan tentang tantangan ilmiah terkait melimpahnya jejak aktivitas manusia purba di daerah ini.

"Kita perlu membayangkan pemandangan di sekitar Kathu yang mendukung populasi besar nenek moyang manusia, serta binatang besar seperti kuda nil. Semua indikasi menunjukkan bahwa Kathu masa lalu adalah tempat yang basah, mungkin lebih seperti Okavango daripada Kalahari. Tidak diragukan lagi bahwa kompleks Kathu menyajikan kesempatan unik untuk menyelidiki evolusi nenek moyang manusia di Afrika Selatan. "



Tidak ada komentar:

Posting Komentar