Kamis, 31 Juli 2014

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

InaSciene - Ketika saya memulai menulis artikel ini saya ingat saat memulai belajar blogging, tanpa pembimbing yang mengajari tentang cara bagaimana memulai membuat sebuah blog. Saya hanya punya keyakinan jika berusaha dengan sungguh-sungguh dan "meminum pengetahuan dengan belajar dari kehausan ingin tahu" maka segala sesuatu bukanlah hal yang mustahil untuk bisa didapatkan. Alhamdulillah sekarang Anda dapat melihat beberapa Blog saya. Meskipun masih banyak yang harus disempurnakan, apa yang saya ketahui saat ini juga diketahui oleh para Master Blog walaupun mungkin yang saya ketahui hanya setetes pengetahuan dari satu gelas pengetahuan yang dimiliki oleh para Master Blog. Blog-blog yang saya punya saat ini adalah hasil dari karya otodidak saya.

Prolog diatas bukanlah sebuah perkataan beraroma kesombongan tentang apa yang saya ketahui saat ini, saya hanya ingin membangunkan kesadaran Anda yang ingin memulai membuat Blog tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Mungkin posisi anda saat ini seperti saya ketika akan memulai membuat blog ketika itu, anda ketikan kalimat "Cara Membuat Blog" pada kotak pencariannya Google dan Google membawa anda kedalam artkel ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Eyang Google yang telah membawa saudaraku kedalam artikel ini.

Sebelum saya mulai tutorialnya, saya ada sedikit motifasi untuk anda.
Anda ingin kaya sebagai Blogger, lihatlah Ariana Huffington pemilik Huffington Post saat ini dia termasuk jajaran orang terkaya di dunia. Saya lebih suka mengatakan "Anda ingin menjadi orang kaya sebagai Blogger dan bukan mengatakan Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai Blogger" karena kata-kata ini akan lebih memotifasi anda untuk menjadi Blogger. Apa yang saya katakan bukanlah tanpa alasan, terbukti ada banyak orang menjadi kaya dari kegiatan Blogging mereka, bukan hanya Ariana Huffington yang menjadi kaya dari kegiatan Blogging mereka, banyak Blogger Indonesia menjadi kaya dari kegiatan Blogging mereka seperi Habibie Afsyah, Yosef Ardi dan masih banyak lagi.

Anda ingin berbuat dengan kondisi lingkungan anda, kondisi politik di negara anda, ketimpangan sosial di masyarakat anda, tapi tidak punya kapasitas untuk melakukan hal itu karena anda bukan anggota Dewan atau pejabat pemerintah? Anda bisa melakukannya lewat kegiatan Blogging, anda dapat menuliskan ide anda untuk perbaikan masyarakat disekitar anda hingga masalah negara dengan cara blogging. Apa yang anda fikirkan akan dibaca oleh orang banyak lewat blog yang anda miliki.

Jika anda ingin kaya dari kegiatan Blog berarti anda satu ide dengan saya, jika anda ingin berteriak terhadap kondisi lingkungan anda mari bersama saya untuk meneriakkannya lewat Blog.

Prolog saya mungkin terlalu panjang yaa..? hehe.. saya hanya berharap apa yang saya katakan semoga dapat menginspirasi anda.

Langsung saja ke tutorial cara membuat Blog.
 Saya akan coba berikan tutorial yang sangat mudah difahami oleh siapapun bahkan oleh orang yang sama sekali belum pernah belajar membuat Blog sebelumnya.
Pertama yang harus dilakukan untuk membuat Blog adalah anda harus mempunyai akun Google dulu, karena Blogspot adalah fasilitas yang dimiliki oleh Google yang dapat digunakan oleh siapapun termasuk kita. Tentang cara membuat akun Google silahkan anda ikuti Tutorialnya dalam tulisan saya sebelumnya dengan judul Cara Membuat Akun Google Dan Keuntungan Memilikinya Bagi Anda atau KLIK DISINI.

Setelah anda memiliki akun langkah awal yang harus anda lakukan adalah masuk ke Blog, silahkan ketikkan dalam pencarian Google dengan mengetik "Blogger" lihatlah gambar dibawah ini.

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

Setelah anda mengetikkan kata Blogger + Enter maka anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas, biasanya hasil pencarian  akan berada berada pada urutan paling atas. Klik pada tulisan Blogger untuk memulai membuat Blog. Setelah anda klik pada tulisan Blogger maka anda akan dibawa kepada halaman seperti dibawah ini:

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

Gambar diatas adalah halaman Sign In (masuk) kedalam akun Google yang telah anda buat, masukkan email anda pada kolom nomor 1 kemudian masukkan password anda pada kolom nomor 2. Setelah itu enter atau arahka kursor ke Sign In dan klik disitu. Setelah anda enter atau klik maka anda akan dibawa kepada halaman seperti dibawah ini.

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

Karena akun anda adalah akun baru maka setelah anda KLIK pada Sign in maka anda akan dibawa kepada halaman seperti diatas. Jika anda telah melengkapi profil dengan lengkap seperti petunjuk pembuatan akun  dalam posting saya sebelumnya (KLIK DISINI), maka anda tidak perlu melakukan pengeditan terhadap profil anda dan langsung saja Klik pada tulisan "Lanjutkan ke Blogger" seperti tulisan yang saya lingkari diatas. Setelah anda klik maka anda akan dibawa pada halaman seperti dibawah ini:

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

Setelah anda masuk dalam halaman seperti gambar diatas langsung saja klik pada tulisan "Blog Baru" seperti pada tulisan yang saya lingkari diatas, setelah itu halaman baru akan terbuka seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog


Perhatikan gambar diatas
Setelah anda klik pada "Blog Baru" tadi maka anda akan dibawa pada halaman baru seperti diatas, halaman ini adalah halaman untuk memberi judul Blog anda dan alamat bagi blog anda sehingga pengunjung dapat melihat blog anda pada alamat yang anda buat:

Perhatikan gambar atas yang saya beri tanda angka 1
- Isi kotak pertama yang ada tulisannya Judul Blog Anda dengan judul Blog yang anda inginkan
- Isi kotak kedua dengan alamat blog yang anda inginkan, jika alamat yang anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau alamat yang salah, maka Google akan memberikan beberapa alamat alternatif yang dapat anda gunakan, seperti kotak diatas (kotak nomor 1).  Pada kotak yang saya beri tanda angka 2 adalah alamat yang disetujui oleh Google. (Perhatikan kotak dengan tanda angka 2)

Tips dalam membuat judul Blog
Buatlah judul Blog sesuai dengan tema Blog yang anda inginkan agar matching dan disukai oleh Google, jika anda membuat Blog dengan tema wisata buatlah judul yang ada relevansinya dengan wisata dan jangan membuat judul blog yang tidak nyambung dengan tema Blog.

Tips dalam membuat alamat Blog
Walaupun anda dapat membuat alamat blog dengan alamat yang tidak sesuai dengan judul blog, sebaiknya anda menggunakan alamat blog sesuai dengan judul Blog atau minimal mewakili tema blog yang anda buat.

Setelah anda membuat judul Blog dan alamat blog anda telah disetujui oleh Google langkah selanjutnya adalah memilih tampilan Blog sesuai yang anda inginkan. Perhatikan pada kotak dengan tanda angka 1 pada bagian yang saya beri tanda kotak adalah pilihan beberapa tampilan (template) yang dapat anda gunakan. Ada banyak pilihan template yang dapat anda gunakan, pilih yang paling cocok dengan selera anda dan klik di dalam kotaknya. Setelah itu gulir kebawah hingga sampai bagian seperti dibawah ini:


Perhatikan gambar diatas, setelah anda gulir mouse anda terus kebawah maka anda akan mendapatkan kotak orange yang didalamnya terdapat tulisan "Buat Blog" Klik disitu. setelah itu anda akan dibawa pada halaman baru seperti dibawah ini:
 
Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

 Sampai disini blog anda sudah jadi, anda tinggal membuat posting. Cara postingnya silahkan klik pada tulisan  "Mulai Mengeposkan" yang saya lingkari seperti gambar diatas. Setelah anda klik pada tulisan itu maka halaman seperti dibawah ini akan terbuka dan anda dapat memulai berkarya dengan tulisan anda. Anda dapat membuat artikel, memposting gambar dan video

Cara Membuat Blog, Tutorial Lengkap Membuat Blog

 Untuk tutorial membuat posting dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan akan saya sampaikan pada tulisan saya berikutnya. Silahkan anda pelajari bagian ini dengan seksama hingga anda benar-benar faham, jika ada pertanyaan yang akan anda sampaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah posting ini. (RR/ow/30714)

Tips belajar Blog dengan cepat:
Kunjungi beranda Blog ini, temukan pertanyaan dari bagian yang anda tidak ketahui, kemudian carilah jwaban dari setiap pertanyaan yang anda fikirkan (Kang Dhany)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar