Selasa, 29 Juli 2014

Aneh, Air Sungai Di Wenzhou, China, Berubah Menjadi Merah Darah

InaScience - Warga yang tinggal di Wenzhou sebuah kota komersial di Provinsi Zhejiang,China  kamis kemaren dikejutkan oleh peristiwa ganjil yang terjadi pada sebuah sungai yang mengalir di daerah tersebut lantaran air sungai yang biasanya berwarna jernih  mendadak berubah menjadi warna merah darah. Kejadian tersebut terjadi pada hari kamis pukul 06:00, seperti dilaporkan oleh China Radio International. Dua jam sebelumnya sekitar pukul 04:00 air sungai masih dalam kondisi normal namun berubah secara cepat menjadi merah pada pagi itu. Warga sekitar melaporkan kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya.
Aneh, Air Sungai Di Wenzhou Berubah Menjadi Merah Darah
Warna air sungai berubah menjadi merah darah (Youtube)

Setelah menyelidiki insiden itu, Biro Perlindungan Lingkungan Wenzhou mengatakan kepada Voice of America bahwa mereka tidak dapat mengetahui penyebab perubahan warna air sungai ini. Para peneliti mengatakan mereka tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan  dari aktifitas pabrik-pabrik di sepanjang sungai yang kemungkinan membuang limbah ke sungai.

Aneh, Air Sungai Di Wenzhou, China Berubah Menjadi Merah Darah
                                                     Sampel air yang diambil dari sungai (Youtube)

Aneh, Air Sungai Di Wenzhou, China Berubah Menjadi Merah Darah
 Sebuah perahu melintas diatas sungai darah (Youtube)

Ada pendapat bahwa seseorang telah membuang pewarna buatan kedalam air sungai dan meyakini bahwa topan Matmo akan melunturkan warna merah pada sungai tersebut, seperti yang dilaporkan oleh China News. Namun ternyata topan yang menyebabkan hujan deras tidak merubah warna merah darah tersebut daan air sungai masih mengalir dengan warna merah mengerikan.

Media online Mashable melaporkan "Ini adalah ketiga kalinya dalam tiga tahun terakhir sebuah sungai di China telah berubah warnannya menjadi merah",  Mashable menambahkan bahwa air Sungai Yangtze di Chongqing berubah pernah juga mengalami hal yang sama namun dengan warna merah lebih terang  pada tahun 2012, dan pada tahun 2011, Sungai Jian di Provinsi Henan airnya berubah warna merah gelap.

Meskipun peneliti tidak menunjuk apa yang terjadi hari Kamis di Wenzhou tersebut, ahli memberikan  penjelasan yang mungkin untuk kasus-kasus sebelumnya. Setelah kejadian 2012, University of Wisconsin Emily Stanley, profesor limnologi - yang mendalami tentang perairan pedalaman - mengatakan kepada LiveScience.com perubahan tiba-tiba warna sungai kemungkinan merupakan buatan manusia.

"Sepertinya fenomena polutan," katanya. "Perairan yang telah berubah merah sangat cepat di masa lalu telah terjadi karena orang telah membuang pewarna ke dalamnya.


Pertanyaannya adalah berapa banyak pewarna yang harus dituangkan kedalam sungai tersebut, sementara sungai yang mengalir bukan sungai kecil bahkan warna merahnya tidak berubah setelah air hujan mengguyur daerah ini dan menyebabkan sungai menjadi banjir, hanya Tuhan yang tahu. (RR/tr/30714)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar