Senin, 28 Juli 2014

11 Manfaat Buah Cherry Mulai Dari Mengatasi Insomia Hingga Kardiovaskular


Ina Science - Chery adalah buah yang sangat lezat dan indah, oleh karenanya buah ini sering disebut sebagai buah bergengsi, sebutan itu rupanya bukan hanya isapan jempol belaka, terbukti buah ini sering dijadikan sebagai hiasan minuman ataupun es krim di rstoran-restoran besar dan ternama.

Ketika Anda menikmati buah ceri, sebenarnya Anda sedang menikmati lebih dari sekedar rasa yang luar biasa dari buah yang imut dan cantik ini. 
Buah ini diperkaya oleh penciptaNya dengan antioksidan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk juga mengatasi insomnia, nyeri sendi dan lemak perut. Dokter juga banyak menyarankan agar kita sering-sering mengkonsumsi buah ini.

11 Manfaat Buah Cherry Mulai Dari Mengatasi Insomia Hingga Kardiovaskular
 
Seperti apakah manfaat Chery untuk kesehatan? Berikut ini ulasan Ina Science yang kami sarikan dari The Epochtime, ada 11 manfaat yang dapat kita peroleh dari powerfood ini;


1 Mampu melindungi badan dari Diabetes
Ceri manis memiliki indeks glikemik 22 kali lebih rendah , 57 kali lebih rendah dari aprikot, 46 kali lebih rendah dari anggur, 42 kali lebih rendah dari buah Persik, 40 kali lebih rendah dari blueberry, dan 39 kali lebih rendah dari buah plum. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dari camilan buah dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, khususnya bagi penderita diabetes.

 
2 Membantu Anda Tidur Lebih Baik
Anda mengalami insomia atau masalah tidur? Jus cherry akan membantu anda mengatasi masalah ini. Minum jus cherry 30 menit setelah bangun tidur dan 30 menit sebelum makan malam. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi buah cherry mampu meningkatkan asupan melatonin ke dalam tubuh. Cherry merupakan sumber yang baik dari melatonin, dokter juga menemukan cherry mampu mengatasi keluhan jet lag. Cherry tart mempunyai kandungan melatonin yang lebih tinggi dibandingkan dengan cherry manis.
 

 
11 Manfaat Buah Cherry Mulai Dari Mengatasi Insomia Hingga Kardiovaskular
"Tidak ada dalam daftar diet saya yang menyingkirkan buah cherry" Edgar A. Guest
3 Mengurangi lemak perut
Dalam sebuah penelitian ditemukan ternyata cherry tart mampu mengurangi lemak perut. Peneliti menemukan tikus yang diberi makan bubuk cherry tart dalam diet tinggi lemak tidak mengalami peningkatan berat badan dan penambahan lemak yang berarti dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan cherry tart

4. Membantu Ward Alzheimer
Asosiasi Alzheimer menyimpulkan bahwa cherry adalah salah satu makanan yang kaya antioksidan dan sangat bermanfaat untuk mengatasi Ward Alzheimer.

 
5. Mengurangi Resiko Stroke
Ceri tart memberikan manfaat terhadap keluhan kardiovaskular. Anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberikan ceri tart  menjadi berwarna merah yang dapat mengaktifkan PPAR yang mengatur gen yang terlibat dalam metabolisme lemak dan glukosa, dengan demikian akan mampu mengurangi faktor risiko  kolesterol tinggi, tekanan darah dan diabetes. - Penelitian University of Michigan Health System.
 

6 Memperlambat Penuaan Kulit
Ceri memiliki tingkat antioksidan paling tinggi dari buah apapun. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang membuat kita terlihat tua. Minum satu gelas jus cherry tart setiap hari akan  memperlambat proses penuaan, menurut ilmuwan dari Michigan State University jus cherry juga dianjurkan sebagai pengobatan alternatif untuk masalah kulit lainnya.

 
7 Menurunkan Risiko Serangan Gout
Makan ceri menurunkan risiko serangan gout sebesar 35 persen dalam studi yang dilakukan terhadap 633 pasien gout, penelitian tersebut dilakukan oleh Yuqing Zhang, profesor kedokteran dan kesehatan masyarakat di Boston University. Pasien gout yang mengkonsumsi cherry selama dua-hari memiliki risiko 35 persen lebih rendah terhadap serangan gout, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi cherry. "Temuan kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi ceri atau ekstrak ceri menurunkan risiko serangan gout, risiko gout flare terus menurun seiring dengan peningkatan konsumsi cherry, sampai tiga porsi lebih dari dua hari dalam mengkonsumsi Cherry." Kata Zhang.

 
8 Mengurangi Nyeri Otot
Study yang membahas masalah nyeri otot menyarankan satu setengah cangkir cherry tart atau satu cangkir jus cherry tart dapat mengurangi peradangan otot. Sekelompok pelari maraton minum jus cherry tart dua kali sehari selama tujuh hari sebelum mengikuti perlombaan. Kelompok yang minum jus cherry tidak begitu mengalami nyeri otot dibandingkan dengan kelompok yang meminum jus buah lainnya.

9. Baik untuk Jantung

Ceri sangat tinggi kalium, yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi. Para pitosterol pada cherry membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.
 

10 Membantu mengurangi keluhan Osteoarthritis
Jika anda mengkonsumsi jus cherry tart dua kali sehari maka rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sendi yang mengalami pembengkakan akan  berkurang, studi ini diperoleh dari penelitian terhadap dua puluh wanita usia 40 sampai 70 dengan osteoarthritis inflamasi.

 
11. Membantu Mencegah Kanker Colon
Zat dalam ceri tart dapat mengurangi pembentukan bahan kimia karsinogenik yang berkembang dari charring hamburger. Para peneliti menambahkan ceri tart ke dalam bahan pembuatan roti daging sapi. Jaringan Cherry tidak hanya akan memperlambat kerusakan oksidasi lipid daging, tetapi juga akan secara substansial mengurangi pembentukan amina aromatik heterosiklik "-. J. Ian Gray, PhD, Guru Besar Ilmu Pangan di Michigan State.


Demikianlah segudang manfaat buah chery terhadap kesehatan tubuh, walaupun di Indonesia buah ini jarang ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti buah lokal, anda dapat memperolehnya di supermarket. Memang agak mahal namun yang perlu anda sadari adalah bahwa mahalnya buah cherry tidak semahal harga kesehatan anda kaan...? Selamat mencoba. ( RR/tr/is/297)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar