Jumat, 05 September 2014

Fosil Dinosaurus Terbesar Seberat 65 Ton Ditemukan Di Argentina

Dreadnoughtus schrani
Sebuah fosil Dinosaurus sepanjang 85ft atau sekitar 26 meter dengan berat sekitar 65 ton telah ditemukan oleh para ilmuwan. Kerangka dari  Dreadnoughtus, ini besarnya  tujuh kali lipat lebih besar dari T-Rex, Kerangka ini juga merupakan kerangka paling lengkap yang pernah ditemukan dari jenis yang sama, dengan lebih dari 70 persen tulang-tulangnya  termasuk juga tulang kepala.

Penemuan Dinosaurus  sebelumnya hanya merupakan sisa-sisa yang terpisah, Dreadnoughtus memberikan sebuah gambaran penemuan yang  belum pernah terjadi sebelumnya dan penemuan ini merupakan penemuan fosil hewan terbesar yang pernah berjalan di muka bumi.
Dreadnoughtus schrani
Dr Kenneth Lacovara, dari Drexel University College of Arts and Sciences, mengatakan: "Itu mengejutkan besar dan  beratnya sebanding selusin gajah Afrika atau lebih dari kali tujuh T-Rex '
Dreadnoughtus schrani
Dr Lacovara berkata: "Dengan ukuran tubuh sebesar rumah, seberat  kawanan gajah, dan ekor yang weaponised, Dreadnoughtus tidak akan takut terhadap apapun
Dreadnoughtus schrani
Dari penggalian kerangka ditemukan 70 persen tulang lengkap dengan ekor sepanjang 30-kaki (sembilan meter) , tulang belakang leher dengan diameter lebih dari satu meter, tulang belikat, tulang rusuk, jari kaki, cakar, bagian kecil dari rahang dan gigi. .Ahli paleontologi  Kenneth Lacovara berbaring di sebelah kanan salah satu tulang Dreadnoughtus
Dr Kenneth Lacovara, seorang associate professor di Drexel University College of Arts and Sciences, yang menemukan fosil tersebut, mengatakan: 'Dreadnoughtus schrani  membuat kejutan besar. "Beratnya sebanding dengan selusin gajah Afrika atau lebih dari tujuh T-Rex”.

"Lebih Mengejutkan lagi, bukti menunjukkan bahwa ketika kerangka seberat 65-ton ini mati, makhluk ini belum tumbuh sempurna, Ini adalah contoh terbaik yang kita miliki dari salah satu makhluk yang paling besar  yang pernah hidup di planet ini."
Dreadnoughtus schrani
Dreadnoughtus schrani
Lukisan dua Dreadnoughtus schrani menunjukkan mereka sedang menggertak dinosaurus pemakan daging yang lebih kecil. Dreadnoughtus adalah herbivora yang mungkin menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk makan tanaman  dalam jumlah besar untuk mempertahankan ukuran tubuh yang sangat besar
Menurut jurnal ilmiah Laporan dari Nature Publishing Fosil Group,  kerangka ini ditemukan di Patagonia sebelah selatan di Argentina.  Dinosaurus baru termasuk dalam kelompok pemakan tumbuhan besar yang dikenal sebagai titanosaurs, dan fosil itu ditemukan lebih dari empat musim mulai  tahun 2005 hingga 2009.

Lebih dari 100 kerangka Dreadnoughtus ditemukan, termasuk sebagian besar tulang kaki sepanjang 30 kaki (sembilan meter) dan tulang ekor , tulang belakang leher dengan diameter lebih dari satu meter (0,9 meter), tulang belikat, tulang rusuk,  jari kaki, cakar, bagian kecil rahang dan gigi.

Sebuah dinosaurus kecil dengan kerangka yang kurang lengkap juga ditemukan di situs tersebut.

Sebelum penemuan Dreadnoughtus, raksasa Patagonian lain, Elaltitan, memegang gelar dinosaurus terbesar dengan berat mencapai  47 ton, berdasarkan penelitian terbaru.

Laser scan 3D Dreadnoughtus menunjukkan bekas lampiran otot yang dapat memberikan banyak informasi tentang fungsi dan kekuatan otot binatang ini.

Dr Lacovara berkata: "Dengan tubuh seukuran rumah,  dengan berat badan yang luar biasa, dan ekor  yang  dapat berfungsi sebagai senjata, Dreadnoughtus tidak akan takut dengan apapun.

"Itu membuat saya membayangkan sosok  kapal perang masa lalu yang disebut  sebagai dreadnoughts, yang besar, dan  berkulit tebal." Atas dasar tersebuy, Dr Lacovara memilih nama 'Dreadnoughtus,' untuk memberi nama kepada fosil ini yang berarti 'tidak takut pada apapun.'
Dreadnoughtus schrani
Dreadnoughtus hidup sekitar 77 juta tahun yang lalu di hutan beriklim dingin di ujung selatan Amerika Selatan. Di sini, sepasang tulang disebut 'chevron,'. Tulang-tulang ini berada di sepanjang bagian bawah ekor
Dreadnoughtus schrani
Dinosaurus baru digali selama empat  tahun, antara tahun 2005 sampai 2009 . Gambar ini adalah bagian dari ekor Dreadnoughtus schrani
"Saya pikir sudah waktunya herbivora mendapatkan nama itu karena  menjadi makhluk yang paling sulit dikalahkan dalam lingkungannya," tambahnya. Nama spesies, 'schrani,' dipilih untuk menghormati pengusaha Amerika Adam Schran, yang memberikan dukungan atas penelitian ini.

Untuk tumbuh  Dreadnoughtus, harus makan tanaman dalam jumlah banyak, peneliti mengatakan itu akan seperti memiliki 'obsesi seumur hidup untuk makan'.  Dreadnoughtus hidup sekitar 77 juta tahun yang lalu di hutan beriklim di ujung selatan Amerika Selatan.

Dr Lacovara menambahkan: "Setiap hari yang harus dilakukannya adalah tentang bagaimana mengambil cukup kalori untuk menyehatkan tubuh seukuran rumah. Aku membayangkan hari mereka, sebagian besar digunakan untuk diam di satu tempat.
Dreadnoughtus schrani
Sampai saat ini titanosaurs terbesar tetap masih menjadi misteri, karena, dalam hampir semua kasus, fosil yang ditemukan sangat tidak lengkap. Ahli paleontologi Dr Kenneth Lacovara, digambarkan di sebelah tulang kaki Dreadnoughtus schrani.
"Binatang ini memiliki leher dengan panjang  37-kaki [11,3 meter] dengan kaki  30-kaki untuk keseimbangannya [sembilan meter] ditambah lagi ekornya ynag panjang di bagian belakang, agar dapat tegak berdiri untuk makan daun pakis dan tanaman lainnya.

"Binatang ini menghabiskan satu jam atau lebih untuk membersihkan dedaunan yang memiliki ribuan kalori di dalamnya, dan kemudian dia mengambil tiga langkah ke kanan dan menghabiskan satu jam berikutnya membersihkan dedaunan lainnya”. Kurang lebih begitu cara dia dalam mempertahankan hidup. Sumber artikel dan Gambar Daily Mail (RR/tr/14)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar